Selain Pemilihan, juga Launching GEBU Minang Post Pay

Metro- 18-05-2022 22:34
Ketua pelaksana Munas VII GEBU Minang, Fadly Amran bersama panitia saat jumpa pers menyangkut persiapan acara Munas, Rabu malam (18/5). (Foto : Arzil)
Ketua pelaksana Munas VII GEBU Minang, Fadly Amran bersama panitia saat jumpa pers menyangkut persiapan acara Munas, Rabu malam (18/5). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pada Rabu hingga Kamis (25-27/5) mendatang, organisasi urang awak yang dikenal dengan Gerakkan Ekonomi dan Budaya (GEBU) Minang akan gelar musyawarah nasional (Munas) ke-VII.

Pelaksanaan Munas ini akan dilakukan di salah satu hotel ternama di Kota Padang. Dalam gelaran Munas ini juga dilakukan pemilihan ketua umum GEBU Minang untuk periode 2022-2027.

Penjelasan ini dikemukakan Ketua DPW GEBU Minang Sumbar, sekaligus ketua pelaksana Munas, Fadly Amran kepada sejumlah wartawan dalam jumpa pers di Padang, Rabu malam (18/5).

Baca Juga

"Munas ini, merupakan kali kedua yang dilaksanakan di Kota Padang, dan hal itu sudah mendapat restus dari Ketum GEBU Minang saat ini yaitu Osman Sapta Odang (OSO)," kata Fadly Amran didampingi sejumlah panitia pelaksana Munas VII.

Faldy mengaku, acara Munas kali ini dapat restu dari Ketua GEBU Minang saat ini yakni Oesman Sapta Odang (OSO) Dt Bandaro Sutan Nan Kayo.

Saat pembukaan nanti, jelas Fadly, diperkirakan ada sekitar 400 orang yang akan hadir, termasuk Ketua Umum DPP Gebu Minang Oesman Sapta Odang Dt Bandaro Sutan Nan Kayo, serta pengurus lainnya, Ketua SC Alirman Sori, Irjen Pol (Purn) Marwan Paris, dan lainnya.

Menyinggung soal pemilihan ketua umum GEBU Minang yang dilakukan pada Munas itu, Fadly menerangkan nantinya ada sekitar 200 an peserta yang punya hak suara memilih.

Dia merinci, 200 an hak suara itu masing-masing berasal dari unsur 20 DPW di Indonesia yang punya tiga hak suara.

Lalu ada 80 DPD kabupaten kota di Indonesia dengan masing-masingnya punya dua hak suara, dan 15 dari organisasi-organisasi yang bernaung di bawah GEBU Minang, yang masing-masing mereka punya dua hak suara.

Di sisi lain, ditanya apakah Oesman Sapta Odang kembali mencalonkan diri dalam pemilihan ketum nanti? Fadly menyebutkan hal itu tidak bisa dijawabnya.

"Mohon maaf, saya tidak menjawabnya saat ini, karena hal itu beda ranahnya, yang lebih tahu soal itu mungkin saja ranahnya SC, kami di Padang hanya pelaksanaan Munas saja," kata Fadly Amran yang juga Wali Kota Padangpanjang ini.

Aplikasi GEBU Minang Post Pay

Selain beragendakan pemilihan ketua umum beserta struktur barunya, Fadly menyampaikan, Munas kali juga akan melaunching aplikasi bernama GEBU Minang Post Pay.

"Aplikasi ini merupakan kerjasama GEBU Minang dengan PT Pos Indonesia, dan ini merupakan langkah mempermudah melakukan transaksi secara online antar ranah dengan rantau," ujarnya.

"Lebih dari itu, dengan aplikasi ini juga membantu kegiatan sosial yang dilakukan gebu minang, misalnya dalam hal pengumpulan donasi untuk mambantu warga Minang yang butuh bantuan dari GEBU Minang," pungkas Fadly Amran.

Komentar