RSUP Dr M Djamil Terima Sertifikat Akreditasi A Tata Kelola Diklat

Metro- 26-06-2022 22:22
Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI drg Arianti Anaya MKM bersama Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Dekan FK Unand Dr dr Afriwardi SpOK, Dirut RSUP Dr M Djamil Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS, Direktur Umum, SDM dan Pendidikan Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM saat penyerahan Sertifikat Akreditasi A Tata Kelola Diklat. (Dok : Istimewa)
Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI drg Arianti Anaya MKM bersama Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Dekan FK Unand Dr dr Afriwardi SpOK, Dirut RSUP Dr M Djamil Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS, Direktur Umum, SDM dan Pendidikan Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM saat penyerahan Sertifikat Akreditasi A Tata Kelola Diklat. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - RSUP Dr M Djamil Padang resmi menerima Sertifikat Akreditasi A dalam tata kelola penyelengaraan pendidikan dan pelatihan.

Penghargaan itu diserahkan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI drg Arianti Anaya MKM kepada Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS, di Aula Lantai 4 Gedung Adminitrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr M Djamil, Sabtu (25/6).

Pada kesempatan itu juga, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI juga meninjau Gedung Pendidikan dan Pelatihan RSUP Dr M Djamil Padang.

Baca Juga

Turut mendampingi Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Direktur Umum, SDM dan Pendidikan Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr dr Afriwardi SpKO.

"Pandemi Covid-19 menyadarkan kita bahwa kesehatan merupakan salah satu hal yang utama. Tanpa kesehatan seluruh permasalahan termasuk ekonomi menjadi terganggu. karena itu, sektor kesehatan perlu melakukan transformasi, salah satunya terkait kompetensi sumber daya manusia," kata Dewan Pengawas RSUP Dr M Djamil ini.

Ada tiga permasalahan kesehatan yang saat ini dihadapi. Yaitu jumlah yang belum mencukupi, distribusi yang tidak merata, dan kualitas tenaga kesehatan yang masih di bawah standar yang diharapkan.

"Maka dari itu, penting dilakukan peningkatan mutu melalui pelatihan-pelatihan kesehatan. Dengan adanya Akreditasi A ini, nantinya pelatihan dan peningkatan mutu tersebut dapat diselenggarakan langsung di RSUP M Djamil Padang," harapnya.

Meski begitu, sebagai pengampu wilayah Sumbar, Riau, Kepri, Jambi dan Bengkulu, RSUP M Djamil tentu mempunyai tantangan besar dalam meningkatkan mutu dan kompetensi tenaga kesehatan.

"Terutama dalam penyelenggaraan pelatihan kesehatan yang terakreditasi," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengapresiasi Sertifikat Akreditasi A yang diterima RSUP M Djamil tersebut.

Ia berharap dengan telah terakreditasinya RSUP M Djamil sebagai institusi penyelenggara pelatihan kesehatan dapat menghasilkan keluaran tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi sesuai harapan.

"Pandemi Covid-19 menjadi pelajaran sekaligus mengingatkan agar kita mempersiapkan tenaga kesehatan. Jadi kita harus siap dengan strategic plan untuk nakes di Sumbar, bukan hanya kuantitas, tapi juga kualitas yang utama," kata Wagub.

Sementara Direktur Utama RSUP Dr.M.Djamil Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS mengatakan sebagai rumah sakit pelayanan, pendidikan dan pelatihan RSUP Dr M Djamil terus berupaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dan sarana dan prasarana.

"Sebab itu, RSUP Dr M Djamil terus mendorong bagian pendidikan, pelatihan dan penelitian terus bergerak maju, dinamis. Dengan telah akreditasi A RSUP Dr M Djamil Padang bisa menjadi pusat pendidikan dan pelatihan yang kompeten, profesional, bermutu," tuturnya.

Ditambahkan Direktur Umum SDM dan Pendidikan Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM, RSUP Dr M Djamil merupakan rumah sakit rujukan, tidak hanya untuk wilayah Sumbar.

Akan tetapi juga untuk wilayah bagian tengah Sumatera. Sebab itu, diperlukan sumber daya manusia yang andal profesional. Kondisi demikian memerlukan tata kelola pendidikan dan pelatihan yang profesional dan mempunyai standar indikator mutu yang terukur.

"Dari pemikiran ini bagian Diklat RSUP DR M Djamil harus diakreditasi oleh Kemenkes RI. Persiapan untuk mendapatkan lulus akreditasi Diklat cukup panjang dan melelahkan, akhirnya lulus akreditasi. Dengan telah diserahkan Sertifikat Akreditasi dengan nilai A, semua civitas hospitalia RSUP Dr M Djamil Padang harus terus menerus mengawal agar harapan sumber daya manusia yang andal, profesional, kompeten, ramah santun dapat diwujudkan," harapnya seraya mengatakan Surat Izin Operasional (SIO) RSUP Dr M Djamil telah diperpanjang oleh Kemenkes RI untuk jangka waktu 5 tahun. (*)

Komentar