Babinsa Koto Tangah Imbau Pedagang Tak Timbun Barang

Metro- 29-06-2022 10:38
Babinsa Koto Pulai, Serda Em Kenedi lakukan monitoring harga sembako di pasar tradisional Pasia Nan Tigo, Kota Padang, kemarin. (Dok : Istimewa)
Babinsa Koto Pulai, Serda Em Kenedi lakukan monitoring harga sembako di pasar tradisional Pasia Nan Tigo, Kota Padang, kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Babinsa Koto Pulai Koramil 06/Koto Tangah Kodim 0312/Padang, Serda Em Kenedi melaksanakan pengecekan harga sembako di pasar tradisional Pasia Nan Tigo sekaligus melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga dan pedagang di pasar itu.

Kegiatan dilaksanakan untuk memantau harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) dan sayur mayur yang dijual para pedagang di pasar itu, mengingat saat ini tidak stabilnya harga sembako seperti cabai yang sekarang harganya menembus Rp125 ribu per kg, sebelumnya harga cabe merah Rp120 ribu per kg, minyak goreng dan yang lainnya.

"Saya laksanakan pengecekan harga kebutuhan pokok masyarakat dan harga cabe jauh melonjak naik dijual pedagang tingkat eceran, pedagang sekarang menjual cabe merah seharga Rp125 ribu per kg, sebelumnya harga cabe merah Rp120 ribu per kg," Serda Em Kenedi kepada Arunala.com , kemarin.

Baca Juga

Dia menyatakan, pelaksanaan monitoring atau pengecekan yang dilakukannya itu sebagai bentuk dan peran setiap personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam mengayomi masyarakat.

"Dengan turun ke pasar tradisional, tentunya dapat membuka komunikasi kami dengan pedagang serta pembeli, baik itu soal harga hingga kenyamanan saat belanja di pasar," tegasnya. Tidak hanya itu, monitoring di pasar juga sebagai upaya menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama harga-harga bahan pokok.

Terlepas dari hal itu, hal yang terpenting sebagai Babinsa Koramil 06/Koto Tangah adalah memantau situasi keamanan, ketertiban dan kebersihan pasar.

"Sehingga masyarakat dan pedagang merasa aman, serta nyaman di saat bertransaksi jual beli di pasar. Kami juga meminta kepada pedagang, agar tidak menimbun sembako yang dapat menyebabkan keresahan bagi masyarakat," ucap dia.

Sementara itu Danramil 06/Koto Tangah, Kapten Inf Zaimal Candra mengungkapkan, kegiatan dilakukan Babinsa di wilayah binaannya bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar pasar serta memantau stabilitas harga sembako.

"Tidak hanya soal keamanan, namun peran Babinsa juga wajib untuk mengikuti perkembangan stabilitas harga bahan pokok di pasar dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional," kata Zaimal Candra.

Komentar