Disdukcapil Kota Pariaman Ciptakan Inovasi Adminduk

Metro- 07-06-2022 17:26
Wali Kota Pariaman, Genius Umar dukung inovasi adminduk yang diciptakan Disdukcapil Kota Pariaman, Selasa (7/6). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar dukung inovasi adminduk yang diciptakan Disdukcapil Kota Pariaman, Selasa (7/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Untuk mewujudkan masyarakat Kota Pariaman yang sadar administrasi kependudukan (Adminduk), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman punya inovasi baruBadan Sehat Dokumen Kependudukan Tabuek (Basendok Ketek) bekerjasama dengan kelompok Dasawisma dan KAIC (Kampung Apar Innovation Centre).

Dalam program ini, Disdukcapil Kota Pariaman menggandeng KAIC yang memiliki inovasi produkbubuk instan jahe yang disebut Jahelo. Jahelo ini merupakan sejenis minuman kesehatan yang bisa menjaga imun tubuh tetap stabil dan menyegarkan badan.

Terhitung mulai Senin 30 Mei 2022 kemarin, masyarakat Kota Pariaman sudah dapat menikmati layanan Adminduk di Disdukcapil Kota Pariaman sambil menikmati seduhan minuman sehat Jahelo hangat dari KAIC ini secara gratis.

Baca Juga

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mendukung inovasi Basendok Ketek ini sekaligus suport promosi produk UMKM "Jahelo" di pojok minuman Dinas Dukcapil Kota Pariaman.

Masyarakat Kota Pariaman yang mengurus Adminduk di Didukcapil Kota Pariaman dapat menikmati minuman jahelo sambil mengurus layanan Adminduk. Dimana mereka dapat membuat minuman sendiri dengan gratis, mulai dari Jahelo, kopi maupunteh inidi pojok minumanDinas Dukcapil Kota Pariaman," ujar Genius saat mengecek kesiapan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pariaman jelang diresmikan oleh MenPAN RB pada 6 Juli 2022 mendatang, Selasa (7/6).

Genius berharap, selain bisa dinikmati oleh masyarakat, produkJahelo ini atau UMKM lain bisa dipromosikan melalui pojok ini.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Kota Pariaman, Adi Junaidi menyebutkan, program dan inovasi Basendok Ketek di Dinas Dukcapil sudahseminggu berjalan, sudah 2 botol Jahelo ukuran 150 gramhabis karena masyarakat sangat suka dengan suguhan Jahelo ini sembari menunggu urusannya selesai.

Adi mengaku bahwa Jahelo ini bisa menjaga imun tubuh tetap stabil, dan badan menjadi segar setelah meminumnya. Bahan baku Jahelo ini terdiri dari Jahe, Kulit manis, Kencur, Gula Aren, dan Gula Pasir yang telah melalui proses pembuatan yang higienis, sehingga menghasilkan produk serbuk Jahelo.

Harapannya dengan program dan inovasi ini pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Pariaman menjadi meningkat dan produk UMKM terpromosikan.

Komentar