Sertu Zainal Afendi Minta Aktifkan lagi Pos Kamling

Metro- 12-07-2022 08:03
Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Sertu Zainal Afendi bersama warga RT 04/RW 07 Kelurahan Balai Gadang saat berdialog, Senin siang (11/7). (Foto : Derizon)
Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Sertu Zainal Afendi bersama warga RT 04/RW 07 Kelurahan Balai Gadang saat berdialog, Senin siang (11/7). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Babinsa Koramil 06?Koto Tangah, Kodim 0312/Padang, Sertu Zainal Afendi mengajak warga RT 04/RW 07, Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, untuk aktifkan kembali Pos Kamling di tempat itu.

Ini dikemukakan Zainal Afendi saat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) pada warga yang ada di wilayah binaannya itu.

"Aktifnya kembali Pos Kamling serta Ronda malam bergiliran jelas dapat mencegah atau menangkal bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas di lingkungan di RT 04/RW 07 ini," kata Sertu Zainal Afendi kepada Arunala.com di Padang, Senin kemarin (11/7).

Baca Juga

Kegiatan Komsos ini juga dihadiri Ketua RT 04 setempat, Afrizal serta sejumlah pemuda yang berada lingkungan di RT tersebut.

Menurut dia, kegiatan Komsos di tengah-tengah warga binaan mencerminkan kepedulian seorang aparat teritorial kepada masyarakat.

"Di sisi lain, pelaksanaan komsos merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan oleh Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaannya," ungkap dia.

Sebagai Babinsa, Sertu Afendi juga mengadakan sosialisasi tentang pentingnya Kamtibmas dan lingkungan bersih dengan cara bergotong royong.

Untuk itu dirinya mengajak tokoh masyarakat dan warga merencanakan menghidupkan kembali kegiatan ronda malam atau siskamling.

"Pos ronda dibangun bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi warga, karena itu mari bersama-sama meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban lingkungan, sehingga dengan adanya pos kamling tentunya kita mengantisipasi bahaya yang datang," ujar dia.

Dengan adanya kegiatan Sambang Pos Kamling ini, lanjutnya diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam.

"Kegiatan tersebut juga sebagai sarana silaturahmi sesama warga, sambil menjaga keamanan lingkungannya masing- masing,"tutur Sertu Afendi.

Sementara itu, ketua RT setempat, Afrizal meminta wargnya a untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling

"Pengaktifan kembali Pos Kamling ini adalah untuk meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan pengamanan bagi masyarakat," ungkap dia.

Afrizal menambahkan, sinergi yang terbangun selama ini dengan Babinsa sudah berjalan dengan baik dan ini patut dipertahankan, terkait masalah mengaktifkan kembali Pos Kamling.

Terpisah, Danramil 06/Koto Tangah, Kapten Zaimal Candra sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa jajarannya.

"Ia juga menekankan kepada Babinsa bahwa keamanan lingkungan merupakan hal yang harus selalu dijaga, sehingga terwujud lingkungan yang aman dan bersih," terangnya.

"Dengan adanya Pos Kamling akan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi dalam bidang keamanan dan ketertiban, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan masing-masing," pungkas Danramil ini.

Komentar