Nagari Sungai Duo Dharmasraya Hasilkan Produksi Serai Wangi

Ekonomi- 14-07-2022 16:45
Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan melihat produk serai wangi produksi Nagari Sungai Duo, Kamis, (14/7). (Foto : Anto)
Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan melihat produk serai wangi produksi Nagari Sungai Duo, Kamis, (14/7). (Foto : Anto)

Penulis: anto

Dharmasraya, Arunala - Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto mendukung inovasi yang dilakukan kelompok pembuat serai wangi karya anak Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung dalam memproduksi produk lokal tersebut, Kamis, (14/7).

Ia menyebutkan, sangat mengapresiasi untuk produk ini karena menggunakan bahan lokal yang diramu warga nagari setempat.

Gebrakan Wali Nagari Sungai Duo, Ali Amran patut diapresiasi bersama dan menjadi contoh untuk nagari-nagari yang lain untuk maju dan kompeten.

Baca Juga

"Saya yakin produk ini bisa di pasarkan bukan hanya ditingkat lokal tapi nasional bahkan internasional, saya memberikan apresiasi atas produk kelompok serai wangi produksi Nagari Sungai Duo ini," ucapnya.

Menurutnya, salah satu produk serai wangi ini seharusnya bisa jadi produk andalan dan unggulan di kabupaten Dharmasraya, satu-satunya nagari di Sumbar yang memproduksi serai untuk dikomsumsi di segala bidang, terutama untuk kesehatan kebugaran tubuh, sabun mandi,dan juga sabun untuk mencuci piring.

Ketua Karang Taruna Nagari Sungai Duo, Hendra Kusuma, mengharapkan kepada seluruh masyarakat Dharmasraya untuk mendorong dan men-support karya kelompok serai wangi Nagari Sungai Duo itu.

"Sekarang kita fokus kepada pengenalan produk dulu, menguatkan brand dan membentuk pasar agar tumbuh permintaan kemudian mendistribusikan," ungkap Hendra.

Dia melanjutkan, kini sudah tersedia larutan pencuci piring "Citro Klin" yang juga berasal dari bahan serai wangi, satunya lagi dari jeruk nipis, dan juga telah tersedia sabun mandi.

Kini, sebut dia, kelompok serai wanginya akan mencoba melobi kepada beberapa hotel yang ada di Sumbar untuk bisa mencoba sabun mandi yang terbuat dari bahan serai wangi yang juga telah mendapatkan ijin dari BPOM Sumbar.

"Intinya Nagari Sungai Duo telah siap mendistribusikan kepada seluruh masyarakat kalau ada yang berminat mencoba dari produk kelompok serai wangi Nagari Sungai Duo," kata Hendra.

Komentar