Berdayakan UMKM, Mahasiswa Unitas Beri Penyuluhan

Metro- 22-07-2022 13:30
Rombongan mahasiswa Unitas Padang yang lakukan KKN di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Jumat (22/7). (Dok : Istimewa)
Rombongan mahasiswa Unitas Padang yang lakukan KKN di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Jumat (22/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Mahasiswa Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang berikan penyuluhan ekonomi bagi pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Penyuluhan dilakukan dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN) para mahasiswa itu di kelurahan itu sejak beberapa hari ini.

Dibawah bimbingan dosennya, Sri Mulyani dan Yunimar, mahasiswa Unitas Padang ini secara telaten memberikan beberapa kiat peningkatan ekonomi pelaku UMKM di kelurahan itu.

Baca Juga

"Program kerja untuk materi KKN kami di Kelurahan Kapalo Koto sudah dari jauh hari dirancang, bukan hanya menyasar pemberdayaan UMKM saja, namun juga akan melakukan penyuluhan hukum serta pertanian, tentunya untuk kepentingan masyarakat di lokasi KKN," kata Ketua kelompok KKN Unitas Padang ini, Dinda Annisa Maghfirah kepada media, Jumat (22/7).

Pernyataan Dinda diprkuat oleh seorang peserta KKN Wulan Inayah Novrianto Putri.

Dia menyebutkan dimana semua peserta harus bisa bersosialisasi penuh pada masyarakat, karena ini juga menyangkut pengabdian dan nama baik Unitas Padang.

"Kami membawa nama almamater, jadi harus benar-benar bisa menyatu dengan masyarakat, sehingga orang tahu kalau kualitas Unitas Padang itu tidak tertinggal dari perguruan tinggi lainnya di Sumbar, khususnya dan Indonesia umumnya," terang aktifis debat dan senat mahasiswa Unitas Padang ini.

Dia menambahkan, memang tidak dia dan teman-temanya untuk menjalankan program kerja, namun dengan kebersamaan semua bisa berjalan lancar.

Berkaitan dengan pengabdian mahasiswa KKN Unitas Padang, pendamping UMKM Kapalo Koto Zalfitra, memberikan apresiasi dan pujian, karena cara berkomunikasi yang cukup baik pada masyarakat.

"Kami di sini apresiasi mahasiswa KKN Unitas ini, karena komunikasi yang baik dan percaya diri, meskipun mereka melakukan kegiatan berada di lingkungan perguruan tinggi negeri tertua di Sumatera," tutur Zalfitra.

KKN Unitas Padang akan berlangsung sekitar 40 hari, semua program pengabdian harus berjalan baik, dimana merupakan penilaian khusus dari masyarakat dan perguruan tinggi dimana mereka menuntut ilmu.

Komentar