Dua Desa di Sawahlunto dan Bukittinggi Juara Desa Berprestasi

Metro- 19-07-2022 14:24
Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH saat serahan hadiah kepada pemenang lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi tahun 2022 tingkat Sumbar, Selasa (19/7). (Dok : Istimewa)
Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH saat serahan hadiah kepada pemenang lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi tahun 2022 tingkat Sumbar, Selasa (19/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi berhasil keluar sebagai juara 1 dalam Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemprov Sumbar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Keputusan para pemenang Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 tertuang dalam Keputusan Gubernur Sumbar No.414.3-512 tanggal 24 Juni 2022 yang ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi. "Alhamdulillah para pemenang Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 sudah ditetapkan dan kami mengucapkan selamat kepada para pemenang," kata Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH di Padang, Selasa (19/7).

Menurut Amasrul SH, Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 ini merupakan pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah pusat maupun daerah yang aplikasinya berbentuk evaluasi atas apa yang telah berlangsung di tengah masyarakat, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Baca Juga

Pelaksanaan lomba ini dibagi menjadi 3 tahapan. Seleksi administrasi sudah dilakukan sejak dokumen yang diantar oleh kepala daerah dan lurah untuk diproses di tingkat provinsi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Kepala Desa, Wali Nagari atau Lurah yang dicocokkan dengan dokumen yang sudah diserahkan. Kemudian tahap ketiga adalah Tim Penilai akan melihat ke lapangan apakah cocok dokumen dengan kondisi real di lapangan.

"Menjadi desa/nagari atau kelurahan berprestasi, artinya bagaimana upaya mencapai kemandirian masyarakat. Kita menitik beratkan pada keterkaitan data profil kelurahan yang ada dengan dokumen perencanaan serta penganggaran di kelurahan. Kita juga menilai inovasi yang dilakukan lurah dan warga dalam peningkatan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19, juga bagaimana muatan lokalnya mewujudkan kelurahan yang bersih," ungkap Kadis Amasrul, yang merupakan mantan Sekda Kota Padang.

Untuk para pemenang juara 1, Kadis PMD Sumbar menyerahkan langsung hadiah berupa Piagam dan uang pembinaan kepada Kepala Daerahnya, yaitu Rp25 juta untuk juara 1, Rp20 juta untuk juara 2 dan Rp15 juta untuk juara 3. "Hadiah uang tunai sebagai apresiasi Bapak Gubernur kepada para pemenang," kata Kadis Amasrul yang didampingi Kabid Pemnag PMD Desrianto Boy, S.Pd.,M.Si dan PSM Ahli Muda Retma Nency, S.STP., Ir. Effi Zulfia Naros.

Penyerahan hadiah juara 1 Lomba Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 Desa Kubang Tangah diserahkan Kadis PMD Amasrul, SH kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH. di Sawahlunto pada Senin (18/7/2022). Dan juara 1 Lomba Desa/Nagari Berprestasi Tahun 2022 Kelurahan Kubu Gulai Bancah diserahkan kepada Sekda Kota Bukittinggi Martias Wanto Dt. Maruhum di Balaikota Bukittinggi, Selasa (19/7)

Pemenang Lomba Nagari/Desa juara 1 hingga 3 adalah Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, Nagari Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota, Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Sedangkan juara harapan 1 dan 2 adalah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecaman Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman dan Nagari Taratak Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Pemenang Lomba Kelurahan, juara 1 hingga 3 adalah Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, Kelurahan Nunang Daya Bangun Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Dalam Lomba Desa Nagari dan Kelurahan Berprestasi 2022 tingkat Provinsi ini Tim Penilai terdiri dari Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH sebagai Ketua Tim dan Penanggungjawab. Kemudian Desrianto Boy, S.Pd.M.Si (Kabid Pemnag PMD), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan), Retma Nency, S.STP (PSM Ahli Muda), Drs. Aristo Munandar, MM (Pamong Senior), Dr. Sadrianto, M.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol), Hafrizal, SKM.M.Kes (Dinas Kesehatan), Nuzurwan Erixon, S.IP.,M.Si (Biro Pemerintahan), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Dra. Hendrawati Roza, M.Si (Tim Penggerak PKK), Ir. Effi Zulfia Naros (PSM Ahli Muda PMD) dan Firmanto, SIP (PSM Ahli Muda PMD). Tim Penilai dibantu sekretariat Airassandi Vinika, S.STP dan Mettrawati, SE. (*)

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH saat serahan hadiah kepada pemenang lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi tahun 2022 tingkat Sumbar, Selasa (19/7). (Dok : Istimewa)

Komentar