Kota Pariaman Terapkan New Normal

Metro-177 hit 08-06-2020 14:03
Wako Genius Umar saat meninjau kondisi pasar Pariaman jelang penerapan New Normal di kota itu, Minggu (7/6). (Foto : Istimewa)
Wako Genius Umar saat meninjau kondisi pasar Pariaman jelang penerapan New Normal di kota itu, Minggu (7/6). (Foto : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Pariaman, Arunala - Senin ini, Pemko Pariaman resmi mengakhiri Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi kota itu.

Ini sejalan dengan ditanda tangannya Peraturan Wali Kota (Perwako) Pariaman oleh Wali Kota Genius Umar di Kota Pariaman, Minggu (7/6).

"Ini menandakan Kota Pariaman segera memasuki tatanan New Normal (tatanan kehidupan baru). Dan saya yakin dengan tatanan baru ini perekonomian masyarakat kota ini bisa kembali menggeliat," kata Genius Umar kepada media, kemarin.

Baca Juga

Kemudian menyangkut Perwako soal New Normal, dirinya menyatakan efektif berlaku Senin.

Dia menjelaskan, Perwako itu secara jelas mengatur tatanan kehidupan baru di Kota Pariaman yang meliputi bidang pariwisata, pendidikan, perdagangan, keagamaan, dan perhubungan.

"Masyarakat kembali bisa beraktivitas secara normal, dengan begitu perekonomian masyarakat akan kembali menggeliat, walau harus tetap mengacu standar covid yang ditetapkan," jelasnya.

Misalnya, lanjut Genius, meminta masyarakat selalu menggunakan masker baik untuk pengunjung maupun pedagang mengatur jarak, selalu mencuci tangan di tempat keramaian dan kita sediakan tempat cuci tangan.

"Perkantoran juga sudah dibuka dengan standar protokol Covid," ungkap Genius lagi.

Genius mengaku, semua persiapan untuk menuju tatanan kehidupan baru di Kota Pariaman sudah disusun protapnya.

"Dengan begitu, Kota Pariaman sudah siap menerima tamu wisata dengan standar keamaman covid. Mulai dari gerbang objek wisata, protokol Covid sudah diterapkan. Sama halnya dengan pasar yang juga dibuka dengan standar kesehatan ini," kata Genius Umar.

Begitu juga dengan kawasan pendidikan dan tempat ibadah, juga harus menggunakan standar Covid dalam operasionalnya.

"Ini semata-mata mempercepat memutus mata rantai penyebaran virus corona," tambah Genius.

Kemudian guna memastikan kesiapan lokasi-lokasi keramaian yang akan menjalankan tatanan kehidupan baru di kotanya, Genius juga meninjau langsung semua tempat yang disiapkan untuk New Normal di kota itu.

Komentar