Alirman Sori: "Kita Tercabik-cabik di Ruang Publik"

Metro- 08-08-2022 16:16
Anggota DPD/MPR RI dapil Sumbar, Alirman Sori saat berikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada sejumlah pengurus anggota OKP yang bernaung dibawah KNPI Sumbar, di Padang, Senin (8/8). (Foto : Arzil)
Anggota DPD/MPR RI dapil Sumbar, Alirman Sori saat berikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada sejumlah pengurus anggota OKP yang bernaung dibawah KNPI Sumbar, di Padang, Senin (8/8). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Anggota DPD/MPR RI asal daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar), Alirman Sori gandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) se Sumbar gelar sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Acara yang diselenggarakan di kantor KNPI Sumbar, Senin (8/8) yang diikuti ratusan sejumlah organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah KNPI itu dilangsungkan, sekaligus mengisi masa reses yang dilakukan Alirman Sori di dapilnya.

Dalam sosialisasi itu, Alirman Sori menerangkan, KNPI dulunya dalam tiap kegiatan pemerintah dan non pemerintah, selalu jadi leader, tempatnya spesifik karena pemuda merupakan tulang punggung bangsa, dan juga energi terbarukan bagi negara dan bangsa.

Baca Juga

"Lebih dari itu, sudah banyak senior senior dari KNPI ini menjadi beberapa petinggi dan pemimpin berbagai pemerintahan atau perusahaan," kata Alirman Sori.

Kemudian, kepada para OKP, Alirman Sori menjelaskan, dengan pertemuan melalui sosialisasi, para pemuda yang tergabung dari berbagai OPK di Sumbar itu bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan negara, khususnya Sumbar.

Selanjutnya, dalam sosialisasi hari itu, sekilas Alirman Sori memaparkan poin penting yang terkandung dalam Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Selain itu, Alirman Sori juga mempertanyakan apa sebenarnya tantangan kebangsaan yang dihadapi pemuda dan bangsa saat ini.

Secara internal, tantangan kebangsaan yang terjadi saat ini Yakni adanya pendangkalan pemahaman soal agama, kemudian faktor apa yang menyebabkan hal itu terjadi.

Sebagai bangsa berketuhanan, sebut Alirman Sori, semestinya semua tindakan dan perbuatan, tentu benteng utamanya adalah agama.

"Sekarang kita lihat, mudahnya orang marah dan tersinggung, padahal persoalannya sepele. Ini karena dari kita semua tidak atau belum memahami pemahaman konsep beragama itu secara utuh," tukas Alirman Sori.

"Selain itu, sikap yang skeptis tanpa melakukan check and rechcek, bahkan informasinya tidak bisa dipertanggungjawabkan, akibatnya kita tercabik-cabik di ruang publik," imbuh Alirman Sori lagi.

Dengan terjadinya pendangkalan soal pemahaman agama itu, makanya Alirman Sori minta pemuda sebagai benteng kebangsaan harus bisa menyikapi secara arif dan bijak menyikapi kondisi yang terjadi itu.

Sementara, Ketua DPD KNPI Sumbar, Angga Azkardha menyampaikan, kehadiran Anggota DPD RI, Alirman Sori dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI hari ini (Senin, red) tidak lain ingin membangkitkan semangat kebangsaan bagi pemuda di Sumbar khususnya bagi beberapa OKP yang ada.

"Apa yang jadi pokok pokok yang jadi pemikiran bagi okp di Sumbar setidaknya bisa diaktualisasikan oleh bapak Alirman Sori ini melalui kesempatan sosialisasi empat pilar ini," kata Angga.

Komentar