Dishub Kota Pariaman Berlakukan Sistem Online Bayar Keur

Metro- 12-08-2022 16:34
Sekko Pariaman, Yota Balad bersama Kepala Dishub, Afwandi menyaksikan pembayaran KIR ranmor yang dilakukan seorang warga dengan sistem online di Pariaman, Jumat (12/8). (Dok : Istimewa)
Sekko Pariaman, Yota Balad bersama Kepala Dishub, Afwandi menyaksikan pembayaran KIR ranmor yang dilakukan seorang warga dengan sistem online di Pariaman, Jumat (12/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Mulai Jumat (12/8) ini, Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman, sudah dapat menerima pelayanan uji Keur atau uji kendaraan bermotor secara online.

Proses pembayaran Keur secara online itu setelah Dishub ini melaunching sistem ini yang dilakukan Sekretaris Kota (Sekko) Pariaman, Yota Balad pada kantor dinas teknis ini.

"Ini merupakan suatu kemajuan karena dengan sistem online, akan permudah masyarakat melakukan pembayaran saat mengurus Keur kendaraannya. Dengan proses online ini, juga akan memudahkan petugas dalam penyetoran ke Kas daerah," ungkap Yota Balad.

Baca Juga

Dirinya juga mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Dishub dengan pihak Bank Nagari Pariaman untuk pembayaran Keur sistem online itu.

Kepala Dishub Pariaman, Afwandi mengatakan metode pembayaran secara online dilakukan selain mempermudah masyarakat dan petugas, juga karena ingin adanya keterbukaan dalam informasi publik.

"Selama ini kami berlakukan pembayaran Keur secara tunai dan proses itu masih berlakukan sampai masyarakat bisa memahami pembayaran secara online. Di samping itu, kami juga masih melakukan sosialisasi kepada masyakarat tentang bagaimana cara melakukan pembayaran Keur secara online ini, " ungkapnya.

Afwandi menyebutkan, pembayaran secara online saat pengurusan Keur telah bisa dilakukan pada BPKB Dishub Pariaman. Masyarakat bisa melakukan pembayaran dengan cara QRIS bersama Bank Nagari, OVO dan DANA.

"Namun apabila masyarakat masih melakukan pembayaran secara tunai, petugas kami akan membantu menyetorkan pembayaran ke Kas daerah melalui Bank Nagari," pungkas Afwandi.

Komentar