11 Parpol di Sumbar Belum Memenuhi Syarat

Metro- 11-09-2022 22:08
Kordiv Sosialisasi, Parmas dan Data KPU Sumbar, Izwaryani. (Foto : Arzil)
Kordiv Sosialisasi, Parmas dan Data KPU Sumbar, Izwaryani. (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Dalam kegiatan temu media yang dilakukan KPU Sumbar di salah satu kafe di Kota Padang, Minggu (11/9), terungkap secara keseluruhan partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2024 yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI sebanyak 76 parpol.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi, Parmas dan Data KPU Sumbar, Izwaryani dalam temu media yang dihadiri 36 utusan media massa di Sumbar.

"Untuk diketahui, secara keseluruhan ada 76 parpol yang terdaftar di Kemenkuham RI. Dari jumlah itu, 43 parpol yang buat akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)," ungkap Izwaryani.

Baca Juga

Selanjutnya, Izwaryani menyebutkan, dari 43 parpol yang sudah punya akun yang daftar ke KPU RI sebagai parpol calon peserta pemilu hanya 40 parpol.

"Setelah dilakukan proses, jumlah parpol yang lanjut ke tahap verifikasi hanya 24 parpol. Dan dari jumlah itu, 13 parpol diantaranya tercatat sudah memenuhi minimal syarat administrasi keanggotaannya di KPU Sumbar, sedangkan sisanya 11 parpol lagi belum memenuhi syarat (BMS)," ungkapnya.

Komentar