Pilih RW, Pasar Ambacang Padang Adopsi Pola Pemilu

Metro- 25-09-2022 16:46
Masyarakat berikan suara pada salah satu TPS di RT 04 dalam pemilihan RW serentak di Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Minggu (25/9). (Dok : Istimewa)
Masyarakat berikan suara pada salah satu TPS di RT 04 dalam pemilihan RW serentak di Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Minggu (25/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Kuranji, Arunala - Proses pemilihan rukun warga (RW) di Kelurahan Pasar Ambacang, Kota Padang, pada Minggu siang (25/9, mengadopsi tata cara ala pemungutan suara saat pemilu.

Polaseperti ini sengaja dibuat pihak pelaksanan pemilihan RW untuk mengedukasi warga setempat bagaimana proses pemilihan yang dilakukan sama dengan pemilu.

Lurah Pasar Ambacang, Syamsu Irwan mengatakan kegiatan ini berdasarkan inisiatif masyarakat sekaligus untuk persiapan menjelang pesta demokrasi 2024.

Baca Juga

"Ada 33 tempat pemungutan suara (TPS) dari sembilan RW yang ada, dan TPS itu tersebar pada 37 rukun tetangga (RT) di Kelurahan Pasar Ambacang ini," kata Lurah setempat Syamsu Irwan.

Ia menyebutkan dengan perhelatan seperti layaknya pesta demokrasi pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya arti dari demokrasi hingga tingkat RT.

"Kami memang sengaja men-design menyerupai prosedur seperti pemilu. Tidak sama seperti prosesi pada umumnya dimana pemilihan berlangsung secara musyawarah dan terbatas. Kali ini kami beri keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin mereka yang sesuai dengan visi dan misi yang masyarakat inginkan," ucapnya.

Irwan juga mengatakan tujuan dari penyelengaraan seperti ini agar pemilihan dapat berlangsung dengan transparan dan tanpa ada indikasi kecurangan dan membawa kepentingan pribadi didalamnya.

"Jadi tidak ada yang namanya alasan-alasan seperti atas dasar kekeluargaan dan kerja sama untuk kepentingan pribadi kali ini kita mendorong agar masyarakat dapat memilih pemimpin yang amanah dan mau mempertanggung jawabkan pekerjaan mereka untuk masyarakat yang memilih mereka," ujarnya.

Sementara itu Ketua RT 04, Agus Nedi mengatakan di wilayahnya terdapat 6 TPS dengan jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 415 orang.

Ia menyebutkan hingga pukul 10.00 WIB sudah mencapai hampir setengah jumlah pemilih yang mencoblos di TPS di RT-nya.

"Antusias masyarakat cukup tinggi dibuktikan ketika TPS dibuka pada jam 8.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB hampir setengah pemilih dari RT 04 sudah menyampaikan hak suara mereka," ucapnya.

Ia berharap pemilihan serupa dapat terus berlangsung setiap kali pemilihan RW dilakukan agar masyarakat menjadi semakin demokratis dan dapat menentukan pilihannya sendiri siapa yang akan memimpin di daerah mereka masing-masing.

Komentar