Usai Salat Jumat, Jamaah Diajak Makan Prasmanan

Metro- 30-09-2022 23:03
Jamaah Masjid Al Hakim Pantai Padang tertib mengantre untuk menikmati hidangan yang telah disediakan, Jumat (30/9). (Foto : Fajril)
Jamaah Masjid Al Hakim Pantai Padang tertib mengantre untuk menikmati hidangan yang telah disediakan, Jumat (30/9). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Setiap hari Jumat bagi yang beragama Islam berkewajiban menunaikan ibadah salat Jumat di masjid.

Tetapi ada yang berbeda ketika menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Al Hakim Pantai Padang, Jalan Berok Nipah, Kota Padang.

Bagi kaum laki-laki yang menunaikan shalat Jumat di sini akan mendapatkan makanan nasi gratis secara prasmanan atau Prasmanan Al Hakim seusai ibadah salat Jumat. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Jumat.

Baca Juga

Pantauan Arunala.com , usai salat Jumat, prasmanan ini telah tersedia di kanan kiri palataran masjid.

Jamaah dari warga, anak-anak, dewasa, orang tua, para pekerja, nampak tertib mengantre untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Dalam penyajian makanan dibantu sejumlah kaum ibu-ibu.

Menunya yaitu nasi campur, lengkap dengan sayur, lauk pauk, sambal, kerupuk dan air mineral.

Sambil menyicip hidangan yang disajikan, jamaah pun bercengkrama dengan jamaah lainnya, yang awalnya belum kenal bisa menjadi kenal di sini.

"Awalnya, masjid ini membagikan nasi bungkus. Akan tetapi edisi terbatas. Sekarang, kami jadikan makanan prasmanan. Dengan harapan, seluruh jamaah kebagian," kata Direktur Amal Sosial Masjid Al Hakim Pantai Padang, Ulki Chandra, kepada Arunala.com , Jumat (30/9).

Motivasi pengurus masjid menyediakan makan siang secara prasmanan ini, sebut Ulki, mengembalikan orang ke masjid atau babaliak ka surau. Sekaligus untuk mempererat ukhuwah Islamiyah biar saling lebih akrab.

"Tak kalah pentingnya menjaga semangat jamaah untuk terus beribadah di masjid," sebut Ulki.

Ulki mengatakan inshaAllah setiap Jumat, Masjid Al Hakim rutin mengadakan Prasmanan Al Hakim ini.

"Berbagi itu indah. Berbagi itu membuat hati senang dan lapang," tutur Ulki.

Rafiudin, salah seorang jamaah, turut menikmati hidangan yang tersedia di pelataran Masjid Al Hakim itu.

Ia membawa tiga anak laki-laki yang masih kecil-kecil. Terlihat di tangan kiri-kanan bocah menggemaskan itu sudah memegang makanan.

"Ya, namanya anak-anak pasti seneng. Sengaja mendidik anak shalat Jumat berjamaah, meski motivasinya ingin ambil makanan," ujarnya.

Jamaah lainnya, Riki mengaku cukup senang dengan adanya program Prasmanan Al Hakim ini.

Menurutnya, selain dapat memotivasi para jamaah untuk semangat menunaikan shalat di masjid, kegiatan ini juga mengunggah jamaah untuk saling empati dan berbagi.

"Sangat senang, bisa kita liat sendiri. Setiap selepas shalat Jumat, sisi kanan dan kiri pelataran masjid tersedia beraneka menu dan nasi secara prasmanan. Itu makannya gratis dan tidak bayar sedikit pun," tutur Riki.

Komentar