Ciri-ciri Daging Sapi Segar dan Daging Beku Layak Dikonsumsi

Metro- 05-10-2022 19:10
Daging sapi segar. (Dok : Istimewa)
Daging sapi segar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan bergizi tinggi. Akan tetapi, daging mudah ditumbuhi bakteri atau jamur sehingga sangat gampang busuk.

Karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat membeli daging. Cari tahu lebih lanjut ciri-ciri daging sapi segar dengan daging beku yang dirangkum Arunala.com .

Ciri-ciri daging sapi segar: Bila Anda ingin menerapkan pola makan sehat, tentu Anda perlu memilih bahan-bahan makanan yang segar, termasuk daging sapi.

Baca Juga

Daging sapi yang fresh memiliki zat gizi yang masih terjaga. Selain itu, mengonsumsi daging segar mencegah risiko keracunan makanan dan infeksi bakteri.

Berikut ciri-ciri daging sapi segar yang bisa Anda amati.

1. Tanpa bercak Ciri-ciri daging sapi segar akan terlihat lembap, warna merahnya merata, dan terbebas dari noda atau bercak asing.

2. Beraroma segar Daging sapi segar akan mengeluarkan aroma segar. Dengan kata lain, ciri-ciri daging sapi yang baik memiliki bau amis daging yang lembut tidak menusuk hidung.

3. Berwarna cerah Ciri-ciri daging sapi yang baik adalah berwarna merah cerah, mengilap, tidak pucat, dan tidak kotor. Lemaknya bertekstur keras berwarna putih kekuningan dan serat-serat daging tampak halus.

4. Bertekstur kenyal Kualitas daging sapi yang baik memiliki tekstur padat dan kenyal, tapi tidak kaku. Artinya, ketika Anda menekan daging dengan jari, permukaannya akan kembali seperti semula.

5. Tidak mengandung terlalu banyak air Ciri-ciri daging sapi yang berkualitas juga tidak mengandung banyak air. Pasalnya, air ini biasanya berasal dari sapi yang sudah digelonggong.

Ciri-ciri daging beku:

1. Tekstur daging padat. Saat daging beku dari freezer sudah mulai mencair, dapat langsung diuji apakah daging beku ini masih layak konsumsi melalui teksturnya. Daging beku yang masih layak konsumsi saat ditekan memiliki tekstur yang padat dan kenyal.

2. Tidak memunculkan bau bahkan aromanya segar. Daging beku dari freezer mungkin masih sulit untuk tercium aromanya.

3. Warna daging segar. Daging beku dari freezer yang masih terlihat berwarna mengilat menandakan daging ini masih segar berwarna merah cerah dan layak konsumsi.

4. Daging tidak berlendir. Daging beku dari freezer yang masih layak konsumsi akan terlihat juga saat telah mencair tidak ada cairan ataupun lendir saat dipegang teksturnya. (*)

Komentar