Punya Pojok PPID, KI Sumbar Apresiasi SMKN 3 Pariaman

Metro- 18-10-2022 15:39
Tim verfak KI Sumbar ketika kunjungi SMK Negeri 3 Kota Pariaman, Selasa ini (18/10). (Dok : Istimewa)
Tim verfak KI Sumbar ketika kunjungi SMK Negeri 3 Kota Pariaman, Selasa ini (18/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Selasa ini (18/10), tim verifikasi faktual Komisi Informasi (KI) Sumbar lakukan monitoring dan evaluasi (monev) 2022 penerapan keterbukaan informasi publik (KIP) di SMK Negeri 3 Kota Pariaman.

Tim yang dipimpin Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi itu melihat dari dekat seperti apa keterbukaan informasi publik yang diaplikasikan di sekolah tersebut.

"Paten ini mungkin satu-satunya SMA/SMK di Sumbar yang punya pojok PPID, sebuah space memastikan pelayanan informasi publik," ujar Arif Yumardi kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kota Pariaman, Rafuddin dan Wakasek sekaligus PPID sekolah.

Baca Juga

Arif menegaskan, verfak ke SMK Negeri 3 Kota Pariaman ini karena masuk nominasi penilaian dua tahap verifikator atas kuisioner dan website sekolah.

"Keterbukaan informasi publik kekinian tidak lips service saja di badan publik, tapi sudah menjadi kebutuhan dalam meujudkan ckear dan clean badan publik," ujar Arif didampingi Komisioner KI Sumbar dua periode Adrian Tuswandi.

Sementara Kepala Sekolah (Kepsek) Rafuddin juga mengakui keterbukaan informasi adalah kebutuhan.

"Adanya UU 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan membuat kami pihak sekolah yang merupakan badan publik Pede melayani siapa saja tentang informasi publik," ujar Rafuddin.

Bahkan dalam sharing dengan tim verfak Monev KI Sumbar tegas mengatakan semua pendanaan di sekolah tidak tertutup.

"Bisa diakses siapa saja, semua pengeluarannya terukur dan tercatat serta siap dipertanggungjawabkan," ujar Rafuddin.

Komentar