Besok MTQ Korpri Dibuka Mendagri, 83 Kafilah Siap Bertanding

Metro- 06-11-2022 20:05
Technical Meeting MTQ VI Korpri tingkat Nasional di Jakarta, belum lama ini. (Dok : Istimewa)
Technical Meeting MTQ VI Korpri tingkat Nasional di Jakarta, belum lama ini. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Kota Padang kembali menjadi tuan rumah MTQ VI Korpri tingkat Nasional. Direncanakan besok (7/11) malam, MTQ VI Korpri tingkat Nasional ini dibuka Wakil Presiden RI diwakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Istana Gubernuran Sumbar.

MTQ VI Korpri tingkat Nasional ini diikuti 83 kafilah yang terdiri atas kafilah 34 provinsi dan 49 kafilah kementerian/lembaga. Pada malam pembukaan, akan diisi perkenalan berupa defile dari seluruh kafilah, pembacaan ayat suci Al Quran oleh Qori terbaik pada MTQ V di Sulawesi Tenggara. Dilanjutkan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar, serta pengibaran bendera MTQ Korpri.

Kemudian penyerahan Piala Bergilir untuk diperebutkan dalam MTQ kali ini. Satu hari sebelum pembukaan, hari ini (6/11) sore dilaksanakan Malam Ta'aruf dan Haflah Tilawatil Quran yang diikuti oleh seluruh perwakilan kafilah. Pada Malam Ta'aruf akan diserahkan pataka MTQ Korpri dari Ketua Umum Korpri kepada Gubernur Sumbar selaku Tuan Rumah MTQ VI.

Baca Juga

"MTQ ini adalah sebagai medan dakwah, medan syiar kita, peluang-peluang baru bagi para ASN untuk membumikan nilai-nilai spiritualitas, nilai-nilai Qurani ke dalam kehidupan birokrasi," kata Ketua Ketua Umum Korpri Nasional, Prof Zudan Arif Fakrulloh, saat technical meeting, dikutip dalam laman dukcapil.kemendagri.go.id.

Hadir Ketua Dewan Pengawas MTQ Prof K H Nasaruddin Umar, Dewan Hakim Nasional MTQ Prof Darwis Hude; Kepala BKD Sumbar; Dewan Pengurus Korpri Nasional; Dewan Pengurus Korpri Provinsi; Dewan Pengurus Korpri Kementerian/LPNK/LPP serta para kafilah MTQ.

Ia mengatakan antusiasme luar biasa para anggota pengurus Korpri membuat acara MTQ tahun ini makin banyak pesertanya.

"Hampir dua kali lipat dari tahun 2021. Saya berharap di Sumatera Barat ini lahir kader-kader ASN tangguh baru yang bisa menjunjung tinggi nilai-nilai Qurani," kata Zudan seraya mengatakan tujuan utama MTQ ini adalah syiar dan dakwah dengan demikian besarnya partisipasi pada MTQ kali ini dapat terus dikembangkan menjadi ajang silaturahmi yang baik bagi anggota Korpri.

Zudan pun mengungkapkan sesuai aspirasi yang berkembang, di tahun 2024 akan dibuka MTQ Korpri untuk peserta dari universitas dan kabupaten/kota.

"Kepada tuan rumah dan seluruh kafilah agar dakwah dan syiar kita ini bisa menjadi branding baru dari ASN, yaitu MTQ, hafidz bagus, adzan bagus dan seterusnya. Sekaligus minta tolong agar anggota Korpri bisa membuat video singkat yang menerangkan terkait MTQ agar bisa menjadi jejak digital dan ladang amalan yang dicatat oleh Allah SWT," pintanya.

Komentar