Sumbar Raih Juara Favorit di Harkannas di Sulteng

Metro- 21-11-2022 19:54
Ketua Forikan Sumbar, Harneli Mahyeldi, didampingi Kepala DKP  Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dr. Ir. Desniarti Ishak, M.M pada puncak Harkannas, di Parigi, Sulteng, Senin (21/11). (Dok : Istimewa)
Ketua Forikan Sumbar, Harneli Mahyeldi, didampingi Kepala DKP Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dr. Ir. Desniarti Ishak, M.M pada puncak Harkannas, di Parigi, Sulteng, Senin (21/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Sulteng, Arunala.com - Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meraih juara favorit dalam perlombaan masak serba ikan tingkat nasional yang diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9, di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ketua Forikan Sumbar, Harneli Mahyeldi, didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dr Ir Desniarti Ishak, MM pada puncak Harkannas, Senin (21/11).

Acara puncak Harkannas dipusatkan di Pantai Mosing, Desa Siney, Kabupaten Perigi Moutong, yakni suatu daerah penghasil perikanan strategis dengan garis pantai sepanjang 472 kilometer.

Baca Juga

Acara ini dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Gubernur Sulawesi Tengah, bupati wali kota seluruh Indonesia, para kepala dinas perikanan dan kelautan provinsi seluruh Indonesia, dan Ketua Forikan seluruh Indonesia.

Dengan mengusung tema "Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul", dalam sambutannya Sakti Wahyu Trenggono, selaku Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa ikan merupakan sumber protein utama yang bermanfaat untuk generasi, terlebih Indonesia sebagai negara maritim.

Sumber daya ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional.

"Sebagai negara maritim, ikan menjadi sumber protein utama yang memiliki manfaat bagi generasi, serta sebagai sumber pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional," ujar Sakti Wahyu Trenggono.

Dia melanjutkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat, angka konsumsi ikan nasional pada 2021 mencapai 55,16 kilogram perkapita.

Angka itu tumbuh 1,10 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 54,56 kilogram perkapita. Angka konsumsi ikan pada 2024 ditargetkan sebesar 62,5 kilogram perkapita setara ikan utuh segar.

Beberapa perlombaan dihadirkan dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ikan Nasional tahun ini, mulai dari lomba masak serba ikan tingkat nasional, selokakarya, lomba desain logo, lomba foto, hingga pameran produk 52 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari 34 provinsi.

Dari Sumatera Barat sendiri, selain Ibu Gubernur Sumbar, turut hadir Ny Yunesti Rusmayul Anwar selaku Ketua Forikan Pesisir Selatan, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar selaku Ketua Forikan Kota Solok, serta Ny. Nurha Eva Karmila Marfendi selaku Wakil Ketua Forikan Kota Bukittinggi. (*)

Komentar