Kegiatan TMMD ke-115 di Painan Ditutup

Metro- 09-11-2022 22:37
Danlantamal II Padang Laksma TNI Endra Sulistiyono saat menutup TMMD ke-115 di Pessel, Rabu (9/11). (Dok : Istimewa)
Danlantamal II Padang Laksma TNI Endra Sulistiyono saat menutup TMMD ke-115 di Pessel, Rabu (9/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Pessel, Arunala.com - Setelah berlangsung selama satu bulan penuh sejak 10 Oktober 2022, pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 0311/Pessel tahun 2022 di Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) resmi ditutup di halaman kantor bupati setempat, pada Rabu (9/11).

Penutupan TMMD dilakukan oleh Danlantamal II Padang Laksma TNI Endra Sulistiyono yang membacakan amanat Pangdam I/Bukit Barisan.

Danlantamal II Padang Laksma TNI Endra Sulistiyono mengatakan, TMMD ke-115 ini merupakan bhakti TNI yang berkolaborasi dengan Pemkab Pessel, instansi terkait masyarakat dan.

Baca Juga

TMMD yang sarat dengan gotong royong adalah sebagai bentuk kearifan warisan leluhur masyarakat Indonesia.

"Tema TMMD ini adalah Dedikasi Terbaik Membangun NKRI. Hasil-hasil TMMD, terutama sasaran fisik, unggulan yang dijaga dan dirawat untuk kepentingan masyarakat," ujar Endra Sulistiyono sambil menyerahkan secara simbolis hasil TMMD ke-115 kepada Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar.

Dansatgas TMMD ke-115 Pesisir Selatan yang juga Dandim 0311/Pessel Letkol (Inf) Moch Suherli mengatakan, sasaran fisik dan non fisik selama TMMD ke-115 Tahun 2022 Kodim 0311/Pessel telah dilaksanakan seperti pembukaan jalan baru dari Kampung Sungai Nipah ke Painan Selatan sepanjang 5.500 meter, tepatnya di Bukit Kabun Taranak, pembuatan gorong-gorong dan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit.

Untuk kegiatan non fisik adalah penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan dan keluarga berencana, penyuluhan bahaya terorisme, penyuluhan pertanian dan penyuluhan Kamtibmas.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar menyampaikan terima kasih kepada Panglima TNI, Pangdam Bukit Barisan, Danrem 032 Wirabraja dan seluruh prajurit TNI yang telah ikut bersama-sama mensukseskan TMMD ke-115 di Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai.

"Adanya pelaksanaan TMMD beberapa kali di Pesisir Selatan sangat membantu Pemda dalam membuka daerah-daerah yang masih terisolasi secara akses. Terbukanya akses akan sangat berpengaruh bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ujar Rusma Yul Anwar.

Sementara itu Kadis PMD Sumbar yang diwakili Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST MM mengatakan bahwa Pemrov Sumbar setiap tahun komit mendukung pelaksanaan TMMD di kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai lokasi. Tahun 2022 ada dua lokasi TMMD ke-115, yaitu di Nagari Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dan Nagari Anduriang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

"Karena sudah terprogram setiap tahun, maka OPD Pemprov Sumbar yang dikoordinasikan oleh Dinas PMD selalu melaksanakan berbagai programnya di lokasi TMMD," kata dia. (*)

Komentar