Genius Umar Jadi Pemateri di FGD Pendidikan Vokasi UI

Edukasi- 28-11-2022 16:35
Wako Pariaman Genius Umar terima cinderamata dari Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Vokasi UI, Deni Danial Kesa, sesuai berikan paparan dalam FGD yang diadakan UI, Senin (28/11). (Dok : Istimewa)
Wako Pariaman Genius Umar terima cinderamata dari Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Vokasi UI, Deni Danial Kesa, sesuai berikan paparan dalam FGD yang diadakan UI, Senin (28/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Depok, Arunala.com - Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) dibuat Pemko Pariaman, sehingga bisa mengantarkan 10 orang mahasiswa asal kota ini bisa kuliah di Universitas Indonesia (UI), jadi topik penting dalam focus group discussion (FGD) yang diadakan pihak UI di kampus Depok, Senin (28/11).

Menariknya, untuk pemaparan topik itu, pihak rektorat UI meminta Wali Kota Pariaman, Genius Umar sebagai pembicaranya dalam FGD yang bertema "Inovasi dan Kolaborasi Vokasi UI, Pemerintah Daerah dan Industri, untuk Indonesia Maju" itu.

Dalam paparannya, Genius Umar menjelaskan sebelumnya Pemko Pariaman telah lakukan kerjasama dengan pendidikan vokasi UI sejak Januari 2020 lalu.

Baca Juga

"Sebelumnya, tidak ada warga Kota Pariaman yang lulus di pendidikan vokasi UI ini, karena itu kami bangun kerjasama di 2020. Dan di 2022 ini, saya bersama pihak UI, melakukan tes untuk masuk jurusan pendidikan vokasi UI itu dilakukan di kota saya, dan Alhamdulillah, ada 10 anak-anak kami yang lulus dan telah telah menjadi kuliah di jurusan pendidikan vokasi UI saat ini," ujar Genius Umar.

Dia mengatakan baik biaya kuliah asrama sampai uang saku bagi 10 anak-anak dari Kota Pariaman itu ditanggulangi melalui program Saga Saja.

"Saya meyakini, anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu ini, dapat bersaing dengan mahasiswa lainya yang ada di indonesia, sehingga kami harapkan, anak-anak ini dapat belajar dengan baik, sehingga nantinya mereka dapat membantu orang tua dan merubah kehidupannya agar lebih baik ke depannya," ungkapnya.

Genius juga berpesan, kepada 10 mahasiswa Kota Pariaman yang menempuh kuliah di kampus UI Depok ini, dapat menjaga nama baik daerah, dan terus belajar dengan giat, sehingga ilmu yang didapat nantinya, dapat berguna dan bermanfaat untuk bekal kerja, dan sukses di masa depan," ucapnya.

Di sisi lain, Genius juga menjelaskan, vokasi memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas tenaga kerja di era global, sehingga generasi muda saat ini harus dapat bersaing dan terus mengembangkan diri dengan yang lain.

"Selain itu, mereka juga dituntut dapat menguasai perkembangan teknologi dan memiliki nilai jual lebih dari orang lain," jelasnya.

Lebih lanjut Doktor lulusan IPB ini mengatakan, Pemko Pariaman mengirim pemuda-pemudinya untuk kuliah di kampus-kampus vokasi, karena pendidikan vokasi berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas, serta berkemampuan untuk siap kerja.

"Adanya pendidikan vokasi, dapat menciptakan sumber daya yang siap kerja, karena pada pendidikan ini lebih mengedepankan ilmu praktik yang bisa langsung diterapkan di dunia kerja," tutupnya.

Hadir dalam acara ini Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Vokasi UI, Deni Danial Kesa, S.Sos., M.B.A., Ph.D, dan jajaran civitas akademika program Pendidikan Vokasi UI.

Komentar