11 Tokoh Dapat Penghargaan BUKA Award

Metro- 11-12-2022 15:59
Medali BUKA Award dari hasil kolaborasi KI dan PJKIP Sumbar. (Dok : Istimewa)
Medali BUKA Award dari hasil kolaborasi KI dan PJKIP Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Sebanyak 11 tokoh dan pimpinan Badan Publik menerima penghargaan BUKA Award atas komitmen dan konsistensinya terhadap keterbukaan informasi publik.

"BUKA Award merupakan anugerah yang diberikan kepada tokoh badan publik baik daerah maupun di pusat pemerintahan, BUKA Award ini diserahkan setiap akhir masa periode Komisi Informasi Sumbar alias sekali 4 tahun," ujar Komisioner 2 periode Adrian Tuswandi didampingi Tim BUKA Award 2022 dari Perhimpunam Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik atau dikenal dengan FJKIP Sumbar, kemarin.

BUKA Award 2022 ini, sebut Adrian, merupakan kolaborasi FJKIP Sumbar (berbadan hukum) dengan KI Sumbar, selama empat tahun periode KI Sumbar.

Baca Juga

"Tim BUKA Award memotret tokoh badan publik terkait Niat, Komitmen dan Konsistensi terhadap Keterbukaan Informasi Publik berdasarkan UU 14 Tahun 2008, penilaian mulai dari penelurusan mesin pencari sampai penilaian makalah nominator oleh Tim BUKA Award 2022," ujar Adrian.

BUKA Award 2022 diserahkan saat AKIP Sumbar 2022, Senin (12/12) di Truntum Hotel Padang.

"BUKA Award 2022 ini berbentuk medali yang didesain cantik dan manis, diserahkan saat AKIP 2022 besok," ujar Ketua PJKIP Sumbar, Gusriyono dihubungi Minggu siang (11/12).

Terus AKIP 2022 Senin, apalagi yang membuat heboh, yaitu Achievement Motivation Personal (AMP) Award 2022.

"AMP Award 2022 atau lebih dikenal dengan Tokoh Keterbukaan Informasi Publik diberikan setiap tahun kepada person tokoh baik di badan publik maupun di tokoh di publik sendiri, ujar Ketua Komisi Informasi Sumbar Nofal Wiska dihubungi terpisah.

Menurut Nofal AMP Award tidak untuk lembaga, sehingga itu penerima AMP Award ini tidak bisa diwakili.

"Allhamdulillah, AMP Award 2022 yang juga anugerah terakhir diberikan KI Sumbar periode 2019-2023, akan diberikan kepada 10 tokoh pada Senin siang besok, yaitu tokoh yang bekerja keterbukaan informasi publik dan kebijakannya pro keterbukaan informasi publik. Siapa beliau beliau penerima AMP Award 2022 yuk tunggu di Hotel Truntum besok," ujar Nofal Wiska.

Komentar