Rifo Darma Saputra Resmi Mencalon ke DPD dari Sumbar

Metro- 27-12-2022 15:59
Bakal calon milenial Rifo Darma Saputra menerima berita acara lengkapnya berkas persyaratan yang diserahkan dari komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulai, Selasa (27/12). (Foto : Arzil)
Bakal calon milenial Rifo Darma Saputra menerima berita acara lengkapnya berkas persyaratan yang diserahkan dari komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulai, Selasa (27/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Jelang dua hari masa penutupan tahapan penyerahan syarat dukungan minimal bakal calon anggota DPD dari Sumbar, baru empat bakal calon yang telah serahkan berkas persyaratannya ke KPU Sumbar.

Jumlah syarat dukungan yang diserahkan Rifo ke KPU Sumbar sebanyak 2.247 dukungan yang tersebar di 12 kabupaten kota di Sumbar.

Dalam pengamatan Arunala.com sejauh ini, tiga dari empat bakal calon yang telah serahkan persyaratan itu merupakan incumbent yakni Emma Yohanna, Muslim M Yatim dan Leonardy Harmainy.

Baca Juga

Sedang satu bakal calon lagi merupakan muka baru yakni Rifo Darma Saputra.

Rifo menyerahkan berkas persyaratannya ke KPU Sumbar pada Selasa (27/12). Saat datang, dirinya didamping beberapa orang tim pendamping.

Sebagai pendatang baru untuk pencalonan DPD kali ini, sosok Rifo terlihat muda, bahkan dia mengaku majunya dirinya untuk mencalon mewakili suara generasi milenial Sumbar.

Pengakuan Rifo Darma Saputra saat dihubungi Arunala.com , menyebutkan, ada beberapa alasan dirinya maju untuk mencalonkan diri ke DPD.

"Bisa dikatakan alasan yang mendorong saya maju untuk nyalon ke DPD karena bertekad mewakili generasi milenial untuk terus mempunyai rasa jiwa yang kuat dan ikhlas, dalam membangun Sumatera Barat (Sumbar) dari aspek pembangunan, ekonomi, budaya dan sosial, lali anggota DPD dengan terbatasnya wewenang dan kebijakan," kata Rifo.

Di sektor informal, sebut dia, DPD harus mampu sinergitas dengan perantau karena perantau mempunyai semangat yang kuat untuk membangun kampung halaman.

Sejauh ini, lanjut Rifo, kaum milenial sudah sangat baik dalam membantu perekonomian Sumbar.

"Ini terbukti sudah banyaknya tokoh-tokoh pengusaha milenial yang sukses dan membangun kampung halaman nya. Betul sejauh ini minat kaum milenial untuk berpolitik belum terlalu mengemuka. Oleh karena nya saya berusaha mewakili milenial utk tampil berpolitik agar ke depannya makin banyak tokoh milenial yang berpolitik," ujar Rifo dengan optimistis.

Sementara itu, Koordinator penerimaan penyerahan berkas pencalonan DPD yang juga Komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulai menyebutkan, sejauh ini persisnya sejak 16 Desember kemarin hingga kini, baru empat orang bakal calon yang sudah serahkan syarat dukungan minimal mereka ke KPU Sumbar.

"Dari empat bakal calon itu, KPU Sumbar sudah menyerahkan tanda terima dan menyatakan berkas empat bakal calon itu lengkap," kata Gebril Daulai.

Komentar