63 Lansia Kota Pariaman Dapat Bantuan Kemensos

Metro- 23-12-2022 14:35
Ketua LKKS Kota Pariaman, Lucyanel Genius serahkan bantuan Kemensos kepada 63 orang lansia di kota itu,, Jumat (23-12-2022). (Dok : Istimewa)
Ketua LKKS Kota Pariaman, Lucyanel Genius serahkan bantuan Kemensos kepada 63 orang lansia di kota itu,, Jumat (23-12-2022). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Sebanyak 63 warga lanjut usia (lansia) di Kota Pariaman menerima bantuan dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI berupa makanan siap saji atau permakanan. Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pariaman Lucyanel Genius yang berkesempatan menyerahkan bantuan permakanan hari ini, Jumat (23/12) merasa terharu dan bahagia saat berada diantara para lansia.

Usai penyerahan secara simbolis kepada lansia, Lucyanel Genius mengapresiasi program ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Kemensos RI yang telah membuat program ini.

"Program permakanan siap saji yang terdiri dari nasi, lauk, buah dan air mineral sangat bermanfaat bagi para penerima. Dimana saat usia mereka sudah lanjut, tetapi masih mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat dan daerah. Untuk itu, kita dari Kota Pariaman sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat meskipun ini baru kategori ujicoba, " ungkapnya.

Baca Juga

Tidak hanya pemerintah pusat, Pemko Pariaman dengan kondisi keuangan yang banyak mengalami pengurangan sampai saat ini masih tetap memberikan perhatian kepada para lansia yang ada di Kota Pariaman. Banyak program yang telah dilakukan Pemko Pariaman dalam membantu lansia sehingga para lansia di Kota Pariaman tidak akan kesepian dan selalu merasa bahagia diusianya yang sudah lanjut.

"Membantu para lansia sama juga dengan mempersiapkan masa depan yang bahagia, untuk itu saya juga mnegucapkan terima kasih kepada kelompok masyarakat yang menjadi penyelenggara program ditingkat daerah. Semoga bantuan ini tidak hanya untuk satu bulan, melainkan satu tahun dan daftar penerima akan bertambah setiap tahunnya, ' harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Muhamad Roem mengatakan bahwa Kota Pariaman salah satu daerah yang menyetujui penerimaan program permakanan dari Kemensos RI meskipun dibandingkan dengan niilai harga dipasaran, jauh dibawah standar.

"Kalau melihat nominal bantuan yang diberikan dan dibandingkan harga bahan pokok dipasar, jauh dibawah standar. Namun Wali Kota Pariaman Genius Umar saat mengetahui hal tersebut, tetap memilih menerima bantuan ini sehingga instruksi Wako Pariaman Genius Umar untuk kekurangan, akan kita tanggulangi bersama, " ungkapnya.

Kementerian Sosial menghadirkan sebuah program nasional sebagai upaya penghormatan, perlindungan, dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar pangan dan nutrisi yang dikenal sebagai Program Bantuan Sosial Permakanan. Program ini ditujukan untuk para lanjut usia tunggal dengan bantuan dua kali makan setiap harinya dengan nominal bantuan lebih kurang Rp56 jt untuk 63 lansia selama satu bulan yang dimulai dari Tanggal 4 Desember 2022 lalu.

"Kemensos RI memberikan bantuan kepada daerah berupa uang yang ditransfer langsung kerekening ketua kelompok masyarakat. Merekalah yang akan mengeksekusi uang tersebut menjadi makan siap saji yang sehat dan bersih. Pemko Pariaman khususnya Dinas Sosial bersifat mengawasi dan mengontrol penyerahan permakanan ini. Nominal yang diberikan tidak hanya untuk makanan siap saji saja, melainkan juga untuk kurir yang ditunjuk (tim tagana) sebagai pengantar makanan setiap harinya kepada para lansia. Tidak banyak memang, kurir dibayar dengan harga 1000/lansia, "tambahnya.

"Alhamdulillah Kota Pariaman punya relawan yang berjiwa sosial, mulai dari pokmas yang mempersiapkan semua kelengkapan bahan untuk mendapatkan bantuan, pendamping desa yang setiap hari berbaur dengan masyarakat, tim tagana yang sukarela dan penuh semangat mengantarkan makanan sehingga program permakanan nyaris terselesaikan dengan sangat maksimal. Semoga saja semua kebaikan yang telah diberikan, mendapatkan imbalan dari Allah SWT," tutupnya.(*)

Komentar