Bidan Garda Terdepan Pendampingan Bumil

Metro- 24-12-2022 12:33
Wali Kota Pariaman Genius Umar beri sambutan pada HUT IBI ke-71 di Pemko Pariaman, Sabtu siang (24-12-2022). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman Genius Umar beri sambutan pada HUT IBI ke-71 di Pemko Pariaman, Sabtu siang (24-12-2022). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman. Arunala.com - Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menghadiri HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 Tahun 2022, di Balairung Pendopo Wali Kota Pariaman, Sabtu siang (24/12).

Dalam sambutannya, Genius Umar mengucapkan terima kasih kepada seluruh bidan di Kota Pariaman atas dedikasinya dalam melayani masyarakat Kota Pariaman.

"Pekerjaan sebagai bidan sangatlah tidak mudah, bidan merupakan ujung tombak pembangunan di Kota Pariaman. Bidan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama pendampingan kepada ibu hamil (bumil), pertolongan persalinan, pelayanan bayi baru lahir, pelayanan ibu nifas, pelayanan KB dan gizi masyarakat. Bidan merupakan pekerjaan yang mulia," ungkapnya.

Bidan merupakan mitra profesional dan perpanjangan tangan pemerintah dalam melaksanakan pelayanan dan pencegahan stunting, melalui pendampingan kesehatan, gizi keluarga berencana hingga persoalan lingkungan kepada sasaran percepatan penurunan stunting. Dengan kerjasama yang baik antara bidan dengan semua stake holder, saat ini Kota Pariaman mampu menurunkan angka stunting menjadi 16 % dan mencegah angka kematian bayi.

"Saya selalu mengingatkan kepada semua OPD dilingkungan Pemko Pariaman untuk bekerja melebihi standar, baik didunia pendidikan maupun kesehatan. Pada kesempatan ini, saya juga ingin meminta kerja bidan untuk kedepannya melebihi standar baik dalam bidang pelayanan sampai pencegahan stunting sesuai dengan tema HUT IBI di Kota Pariaman Tahun 2022 yaitu peran bidang dalam percepatan penurunan angka stunting, " tambahnya.

"Dengan momentum peringatan Hari Jadi Ikatan Bidan Indonesia Ke-71 Tahun 2022, saya berharap Bidan bisa semakin luar biasa, baik dalam pencegahan stunting, bagaimana anak -- anak yang sehat, mempersiapkan generasi kedepan yang lebih handal sampai menjadikan desa -- desa di Kota Pariaman desa sehat dan bersih. Semangat dalam bekerja dan jalani profesi dengan ikhlas, " harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan bahwa IBI merupakan organisasi profesi yang memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

"Saat ini IBI cabang Kota Pariaman mempunyai 279 anggota aktif. Kami Dinas Kesehatan bersama IBI Kota Pariaman juga mnegucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman yang telah membuat program kesehatan di Kota Pariaman menjadi hal yang di prioritaskan, " ucapnya. (*)

Komentar