Ajang Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2020 Dimulai

Edukasi-913 hit 15-02-2020 17:58
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

Penulis: MN. Putra | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Kantor Balai Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2020. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Balai Bahasa Sumbar.

"Menariknya, ajang pemilihan Duta Bahasa kali ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai dengan total nilai Rp 20 juta," ungkap Ketua panitia Wahyudi kemarin.

Untuk pendaftaran peserta, sebut Wahyudi, dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor Balai Bahasa Sumbar atau melalui email dubas bahasa ikadubassumbar07@gmail.com dan menggunduh formulir pendaftara melalui h ttps://bit.ly/formulirdubas2020

Sementara untuk tanggal dan waktu pendaftaran pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2020 ini dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai 17 Februari hingga 18 Maret 2020.

Wahyudi menambahkan, ajang pemilihan ini ditujukan untuk peserta berusia 18--25 tahun, belum menikah.

tinggi badan 160 cm (pria), dan 155 cm (wanita). Selain berpenampilan menarik, fasih berbahasa Indonesia dan Minang serta menguasai satu bahasa asing. Peserta diharapkan berdomisili di Sumbar. Peserta dituntut untuk mampu merancang Krida Kebahasaan dan Kesastraan yang edukatif, kreatif dan inovatif.

"Untuk tahapan pengumuman peserta yang lulus administrasi akan diumumkan tiga hari setelah batas akhir pendaftaran," jelas Wahyudi lagi.

Kemudian adapun tes yang akan diuji dalam seleksi duta bahasa ini adalah UKBI (Uji Kemahirannya Berbahasa Indonesia), Tes Wawancara, dan dilanjutkan dengan tahapan presentasi program dan penguasaan bahasa (Minang dan Asing).

Selanjutnya, tambah Wahyudi, nantinya dipilih 10 pasang finalis (20 orang) yang lolos akan dikarantinakan selama 5 hari, dan dilanjutkan dengan puncak acara malam penganugerahan Duta Bahasa Sumbar 2020 terpilih.

"Jika berminat, sila menghubungi narahubung kami Ibu Krisnawati ke nomor 082288676212," kata Wahyudi. (amz)

Komentar