Paslon Diminta Taati Protokol Kesehatan di Tiap Tahapan Pilkada

Metro-169 hit 10-09-2020 19:32
Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto bersama paslon gubernur dan wakil gubernur, KPU dan Bawaslu Sumbar komit terapkan protokol kesehatan pada pilkada serentak 2020 di Sumbar, Kamis (10/9). (Foto : Dyz)
Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto bersama paslon gubernur dan wakil gubernur, KPU dan Bawaslu Sumbar komit terapkan protokol kesehatan pada pilkada serentak 2020 di Sumbar, Kamis (10/9). (Foto : Dyz)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) mendukung penuh penerapan protokol kesehatan di setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan pernyataan sikap oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dalam mendukung dan patuh terhadap Protokol Kesehatan itu sekaligus serta mewujudkan Pilkada Badunsanak, Aman, Damai, Sejuk dan Sehat yang dilakukan di Hotel Grand Zuri, Padang, Kamis (10/9).

Dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 pada setiap tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020, serta mewujudkan Pilkada Badunsanak, Aman, Damai, Sejuk dan Sehat.

Baca Juga

Kegiatan ini diikuti para paslon, KPU dan Bawaslu Sumbar, LKAAM Sumbar, maupun partai pengusung paslon, tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh adat.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyatakan, menjaga diri sendiri dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona, akan berimbas pada penjagaan pada orang lain, sehingga pemutusan rantai penyebaran Covid-19 dapat dilakukan, dan Pilkada tidak menjadi klaster baru.

"Kami mendukung Pilkada bebas dari penularan Corona, dengan cara tetap mengikuti protokol kesehatan, diantaranya memakai masker,cuci tangan serta menjaga jarak," kata Toni saat itu.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda dan Ketua KPU Sumbar Amnasmen juga secara simbolis membagikan masker pada peserta yang hadir, sehingga menandakan bahwa Pilkada serentak tahun 2020 ini harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu Ketua KPU Sumbar Amnasmen menyatakan sejak awal tahapan, sesuai arahan KPU-RI dan aturan berlaku, penyelenggara sudah menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mendukung pilkada dengan protokol kesehatan, dan amat berharap pada semua pihak, baik parpol, calon, tokoh masyarakat, serta semua instansi untuk bisa melakukan sosialisasi ini," kata dia.

Dia menambahkan ketika pendaftaran bapaslon, KPU telah menyurati pemimpinan partai pengusun calon kepala daerah untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam menerapkan protokol kesehatan saat pendaftaran, KPU koordinasi dengan gugus tugas penanganan Covid-19 Sumbar," ucap Amnasmen.

Komentar