KPU dan Bawaslu Pessel Perkuat Koordinasi dengan Polres

Metro-66 hit 22-09-2020 08:48
Kapolres, KPU, dan Bawaslu Pessel Komit secara bersama laksanakan Pilkada Pessel dalam keadaan aman, Senin (21/9). (Foto : Rio)
Kapolres, KPU, dan Bawaslu Pessel Komit secara bersama laksanakan Pilkada Pessel dalam keadaan aman, Senin (21/9). (Foto : Rio)

Penulis: Snm | Editor: MN. Putra

Pessel, Arunala -- Dua penyelenggaran pemilu di Kabupaten Pesisir Selatan, yakni KPU dan Bawaslu makin mengintensifkan koordinasi mereka dengan Polres setempat.

Ini berkaitan dengan akan dilakukannya tahapan penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) yang dilakukan Rabu (23/9), dan pengundian nomor urut pasalon pada Kamis (24/9) besok.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar menuturkan, pihaknya kini sedang mempersiapkan tahapan penetapan paslon pada Rabu besok. Rencananya penetapan itu dilaksanakan di Kantor KPU Pessel.

Baca Juga

"Sedangkan untuk tahapan pengundian nomor urut akan dilaksanakan Kamis (24/9) di Gedung PCC Painan. Kemudian dua hari setelah itu, yakni Sabtu (26/9) masa kampanye dimulai," kata Epaldi Bahar kepada Arunala.com saat silaturahmi dengan Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo, di Mapolres Pessel, Senin (21/9).

Turut hadir dalam pertemuan itu Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison, Kasat Intelkam Polres Pessel AKP Zukri Ilham, dan Kasubag Bin Ops Iptu Adlin.

Epaldi juga menerangkan sebelum kampanye dimulai, KPU Pessel bersama para paslon akan lakukan deklarasi Pilkada damai, jujur terbuka dan dialogis secara bersama.

"Kami juga meminta para paslon berkomitmen mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di masa kampanye berlangsung," ujar Epaldi.

Sedangkan Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison tampaknya lebih menitikberatkan koordinasi pihaknya dengan Polres dari sisi Sentral Gakkumdu.

"Menurut saya, untuk di Sentral Gakkumdu perlu peningkatan dan sinergitas pada tim Sentral Gakkumdu itu, mulai dari tingkat Polres hingga Polsek, sehingga berbagai laporan dugaan pelanggaran pilkada yang masuk ke Bawaslu bisa ditangani dengan baik," kata Erman.

Adapun Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo menyebutkan, saat ini jajaran Polres Pessel sedang melaksanakan operasi Mantap Praja 2020. Operasi ini untuk mendukung tugas KPU dan Bawaslu dalam pengamanan Pilkada di Pessel.

"Sejalan dengan itu, kami juga melaksanakan Operasi Yustisi dalam rangka sosialisasi Perda Aturan Kebisaan Baru (AKB). Melalui operasi ini, kami dari kepolisian mengajak instansi terkait untuk memasivkan sosialisasi Perda ini sampai tingkat kecamatan," kata Sri Wibowo.

Dia menyebutkan, untuk Perda AKB, pihak Polres Pessel telah melakukan sosialisasinya sejak 14 September lalu.

Komentar