Stok Darah di PMI Padang Berkurang Saat Covid-19

Metro-128 hit 23-09-2020 09:36
Lambang Palang Merah Indonesia (PMI). (Dok : Istimewa)
Lambang Palang Merah Indonesia (PMI). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Persediaan darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Padang saat pendemi covid-19 berkurang.

Pasalnya, jumlah kantong darah yang bisa dikumpulkan PMI Padang tidak sebanding dengan jumlah kantong darah yang distribusikan kepada sejumlah rumah sakit.

"Stok darah sekarang sudah jauh dari kebutuhan setiap hari saat pendemi Covid-19. ketersedian darah di unit transfusi darah PMI Padang saat ini flutasi," kata Kabag Teknis Labor PMI Kota Padang, dr Diana Ayu Irsianti kepada Arunala.com di Padang kemarin.

Baca Juga

Menurut dia, dalam satu hari unit transfusi darah mengeluarkan sebanyak 200 kantong untuk memenuhi kebutuhan pasien di rumah sakit.

Untung saja, ujar Diana, pihak PMI merasa terbantu dengan adanya kegiatan aksi donor darah yang dilakukan TNI baik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara serta Kepolisian untuk memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit.

Dia menambahkan, Korem 032/Wbr Sumbar, hari ini (Selasa, red) menggelar aksi donor dalam rangka peringati HUT TNI ke-75, sehingga hal itu menambah ketersedian darah.

"Dalam kegaitan donor darah dari Korem 032/Wbr itu diikuti sebanyak 100 orang peserta,"imbuhnya.

Diana menyebutkan, saat peserta yang ingin donor darah, PMI lebih dulu memastikan keamanan pendonor. Sebab, selama pandemi Corona ini petugas juga menerapkan protokol kesehatan dalam mengambil darah pendonor.

" Jadi tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darah," kata Diana.

Komentar