Meski Virus Mewabah, Agenda Pariwisata Tetap Jalan

Wisata-377 hit 15-03-2020 14:20
Foto : sumbar.travel
Foto : sumbar.travel

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Pemerintah Kota Padang Panjang tetap mengagendakan pariwisata meskipun virus Corona mewabah seluruh dunia termasuk sejumlah provinsi di Indonesia.

"Sejumlah agenda event pariwisata tetap berjalan sebagaimana mestinya," kata Walikota Padang Panjang, Fadly Amran ketika jumpa pers di Padang, Sabtu malam (14/3).

Menurutnya, Pemkot Padang Panjang sudah mengagendakan kegiatan yang menunjang pariwisata, Minggu (15/3) digelar road race se-Sumbar, pekan depan akan datang ratusan komunitas Innova Sumatera-Jawa. Mereka mengadakan acara di Mifan Water Park.

Baca Juga

"Kedatangan komunitas Innova ini akan berdampak ekonomi bagi masyarakat Padang Panjang," ungkap dia.

Tidak itu saja, lanjut Fadly, dalam waktu dekat juga akan ada kegiatan Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad yang akan dilaksanakan Kota Padang Panjang. Agenda ini tidak ada pembatalan.

"Walaupun agenda pariwisata tetap jalan, namun langkah pencegahan penyebaran virus Corona tetap dilakukan," ungkap Fadly.

Dia menambahkan, langkah preemtif bisa dilakukan masyarakat dengan pola hidup sehat. Seperti mencuci tangan atau tidak kontak langsung dengan masyarakat yang diduga terpapar Virus Corona.

"Kami selalu mengedukasi masyarakat dan tetap waspada," imbuhnya.

Fadly juga menyatakan, langkah lain dilakukan Pemkot Padang Panjang secepatnya membentuk satgas pencegahan dan penyebaran virus Corona. Satgas ini dipimpin langsung kepala Kesbangpol.

Satgas dibentuk seiring dengan penetapan Virus Corona sebagai pandemi yang dikeluarkan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO). Satgas ini akan melakukan langkah preemtif dalam antisipasi penyebaran Virus Vorona," kata dia.

Pemkot Padang Panjang membuka emergency call, jika ada yang teridikasi atau mengalami gejala seperti gejala Virus Corona, katanya, masyarakat dapat menghubungi call center 199

"Masyarakat atau wisatawan yang terindikasi Virus Corona, bisa melaporkan langsung. Satgas langsung bergerak memberikan layanan," jelas Fadly.

Komentar