Sembilan Tokoh Dapat Penghargaan KI Sumbar

Metro-215 hit 24-11-2020 21:52
Anugerahi Achievement Motivation Person 2020 Sembilan Tokoh Dapat Penghargaan KI Sumbar
Anugerahi Achievement Motivation Person 2020 Sembilan Tokoh Dapat Penghargaan KI Sumbar

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Komisi Informasi (KI) Sumbar menggelar penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 bagi sejumlah Badan Publik (BP) yang dinilai informatif, Rabu (25/11).

Tidak itu saja, dihari yang sama KI juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh di Sumbar yang memiliki komitmen dalam keterbukaan informasi publik.

"Seperti tahun sebelumnya, KI Sumbar juga memberikan penghargaan Achievement Motivation Person Award 2020 kepada sejumlah tokoh di Sumbar nantinya, penghargaan itu juga kami serahkan di saat penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020," ungkap Ketua KI Sumbar Nofal Wiska kepada Arunala.com di Padang, Selasa (24/11).

Baca Juga

Dia mengatakan penyerahan penghargaan itu dilakukan KI Sumbar di Hotel Grang Zuri Padang, Rabu besok. Untuk tahun 2020 ini, Achievement Motivation Person akan diberikan kepada sembilan orang tokoh.

"Kami sudah melakukan seleksi secara internal dan melihat rekam jejak tokoh-tokoh yang dinominasikan, dari hasil perdebatan alot di rapat pleno KI, maka disepakati untuk memberikan kepada sembilan orang tokoh di Sumbar," jelas Nofal.

Disebutkan Nofal, indikator penilaian bagi Achievement Motivation Person adalah rekam jejak, serta aktivitas keterbukaan informasi di masa pandemi Covid-19.

Dia menerangkan, KI Sumbar mengharapkan Anugerah Keterbukaan Informasi kali ini menjadi motivasi bagi badan publik untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam keterbukaan informasi publik.

"Yang kami harapkan bukan peringkat, tapi adalah predikat informatif. Anugerah ini bukan lomba yang menghasilkan juara, tetapi adalah apresiasi dan reward dari proses penilaian dalam rangka monitoring dan evaluasi badan publik," pungkas Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska.

Wakil Ketua KI Sumbar, Adrian Tuswandi menambahkan pemberian penghargaan ini adalah apresiasi atas motivasi dan keberhasilan tokoh tersebut di berbagai bidang, dalam menyiarkan keterbukaan informasi.

"Tokoh yang menerima tersebut berasal dari berbagai latar belakang seperti politisi, praktisi kesehatan, Birokrat dan satu dari Bupati," kata Adrian Tuswandi.

Komentar