Kamis Ini Debat Publik Putaran 2 Digelar

Metro-320 hit 02-12-2020 22:22
Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani (Dok : Istimewa)
Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Kamis (3/12) besok, debat publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar putaran 2 digelar KPU Sumbar pukul 14.00 WIB, di Hotel Grand Inna Padang dan disiarkan secara langsung melalui TV One.

Sama seperti debat putaran pertama, pada Senin malam (23/11) lalu, pada debat publik kali ini empat pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur kembali akan menguji gagasan mereka satu sama lain.

Empat pasang kandidat itu yakni Paslon nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni, Paslon nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri, Paslon nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar dan Paslon nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Baca Juga

"Secara umum teknis debat publik yang akan kami adakan besok (Rabu, red) tidak jauh beda dari debat putaran pertama. Hanya saja di debat putaran 2 ini temanya Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Pembangunan SDM," kata Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani saat diwawacari Arunala.com , di kantor KPU Sumbar, Padang, Rabu siang (2/12).

Pada debat publik putaran pertama, sebut Yanuk, tema yang diangkat tentang Ekonomi, Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), dan Lingkungan Hidup.

"Dilihat dari tema debat publik putaran 2 itu, saya merasa akan lebih greget karena tiga tema yang angkat akan bersinggungan langsung dengan konsep maupun visi misi dari masing-masing paslon, dan ini nantinya akan digali lebih dalam lagi oleh moderator kepada paslon didalam debat nanti," sebut Yanuk.

Dirinya menambahkan, untuk mematangkan pelaksanaan debat untuk Rabu siang itu, KPU Sumbar sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi baik dengan tim penyusun materi, tim paslon dan stakeholder lainnya termasuk Bawaslu Sumbar.

Menyinggung peserta yang hadir dalam ruang debat nantinya, Yanuk menyebutkan penerapannya tidak jauh beda dengan debat pertama.

"Peserta yang akan masuk tetap dibatasi. Yang boleh masuk ke ruang debat para paslon ditambah empat orang tim kampanye masing-masing paslon. Kemudian dua orang dari Bawaslu Sumbar, dan juga KPU Sumbar," kata Yanuk.

Terakhir, Yanuk meminta, untuk debat Kamis besok, kepada tiap paslon untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Komentar