Haidi: Pengganti Surat Suara Rusak Sudah Tiba

Metro- 07-12-2020 10:12
Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal
Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal

Penulis: Arzil

Payakumbuh, Arunala - Terkait adanya kekurangan surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumbar di Kota Payakumbuh sudah teratasi.

Ini menyusul dengan telah sampainya kekurangan surat suara pilgub itu di KPU Kota Payakumbuh, Minggu malam (6/12).

"Awalnya memang terdapat kekurangan surat suara sebanyak 371 lembar. Yang rusak itu merupakan surat suara yang kena bercak tinta, berkerut dan robek. Makanya kami masukkan dalam kategori surat suara rusak," kata Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal saat dihubungi Arunala.com , Senin (7/12).

Baca Juga

Dia mengatakan pengganti suara suara rusak itu sampai ke KPU kota itu pada Minggu malam (6/12) sekitar pukul 23.00 WIB.

Haidi menyebutkan, surat suara yang rusak itu koordinasikan dengan KPU Sumbar, selanjutnya pihak KPU Sumbar meminta kepada pihak percetakan untuk menyiapkan kekurangan surat suara itu.

"Dan Alhamdulillah yang kurang itu sudah datang, dan Senin pagi langsung kami lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara itu," terang Haidi.

Di Kota Payakumbuh ini, terang Haidi terdapat 246 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah 93,671 pemilih yang tersebar di lima kecamatan di Kota Payakumbuh.

Ditanya soal ketersedian logistik Pilgub lainnya seperti sampul, alat coblos dan lainnya, Haidi menjawab semuanya sudah tiba semuanya alat-alat itu.

"Saat ini kami sedang memaketkan alat-alat logistik Pilgub itu ke masing-masing kotak suara yang akan segera didistribusikan ke masing-masing TPS di kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh ini," kata Haidi Mursal.

Komentar