Polda Sumbar Buka Penerimaan SIPSS 2021

Metro-826 hit 08-01-2021 19:30
Gedung Mapolda Sumbar (Dok : Istimewa)
Gedung Mapolda Sumbar (Dok : Istimewa)

Penulis: Can

Padang, Arunala - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat membuka penerimaan perwira Polri 2021 melalui jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Padang, Jumat (8/1) mengatakan, rekrutmen ini merupakan penerimaan calon perwira Polri dengan pangkat inspektur dua setelah melalui pendidikan pembentukan SIPSS.

"Pendidikan pembentukan SIPSS merupakan pendidikan bagi lulusan sarjana yang dibutuhkan dalam profesi kepolisian yang dibentuk menjadi perwira pertama Polri," kata Satake.

Ia mengatakan, perwira tersebut memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan, ketangguhan, sikap dan terpuji dalam rangka melaksanakan tugas kepolisian sesuai dengan keahliannya di bidang keilmuannya guna mendukung tugas kepolisian.

"Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polda sebagai panitia daerah (Panda), dan seleksi tingkat pusat oleh Mabes Polri sebagai Panitia Pusat," ujar Satake lagi.

Disebutkan Satake, para peserta yang mendaftar ini nantinya akan mengikuti beberapa seleksi meliputi pemeriksaan administrasi awal, uji tes kompetensi keahlian aspek pengetahuan, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi, pemeriksaan kesehatan tahap II, penelusuran mental dan keperibadian, dan pemeriksaan administrasi akhir.

Persyaratan untuk peserta yang berijazah strata satu atau sarjana profesi seperti kedokteran umum, dokter gigi, psikologi, biologi, teknik informatika, sistem informatika, hubungan internasional.

Kemudian desain komunikasi visual, teknik penerbangan, teknik elektro, teknik Metalurgi, Sastra China, Sastra Prancis/Spanyol, pendidikan olahraga.

Setelah itu, pendidikan kurikulum seperti farmasi Apoteker (Profesi),Ilmu Komunikasi (Public Relation), Ilmu Komunikasi (Jurnalistik), Perpajakan.

Kemudian untuk lulusan D-IV ahli nautika, ahli teknikawajib memiliki ijazah ahli Teknika, ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan

Selanjutnya, untuk Prodi Kedokteran, Dokter Umum dan Dokter Gigi wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif.

"Informasi lebih lengkap, masyarakat juga dapat mengaksesnya melalui website https://penerimaan.polri.go.id dan penerimaan Polri ini gratis serta tidak dipungut biaya," kata Satake.

Komentar