Pengerjaan Jalan Trans Mentawai dan KEK Dievaluasi

Ekonomi-253 hit 19-01-2021 08:49
Wagub Sumbar Nasrul Abit bersama para OPD saat rakor evaluasi Trans Mentawai dan KEK di kabupaten itu, Senin (18/1). (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar Nasrul Abit bersama para OPD saat rakor evaluasi Trans Mentawai dan KEK di kabupaten itu, Senin (18/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Mentawai, Arunala -- Jelang mengakhiri masa tugasnya sebagai Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama sejumlah kepala OPD Sumbar menggelar rapat koordinasi (Rakor) percepatan pelaksanaan pembangunan jalan Trans Mentawai dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (18/1) kemarin.

Rakor berkaitan dengan Peraturan Presiden No.18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 - 2024 yang sebutkan bahwa paket infrastruktur jalan Trans Mentawai di kabupaten itu senilai Rp716 miliar.

"Perlu dilakukan percepatan pelaksanaan pembangunan untuk jalan trans dan KEK di Mentawai ini. Untuk itu melalui rakor dan kunjungan ke Mentawai, saya ingin mengevaluasi sejauh mana tahapan ini dilaksanakan, sekaligus mengetahui permasalahannya dan melihat kondisi terakhir pembangunan," kata Nasrul Abit.

Dirinya menyampaikan masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 12 Februari 2021 nanti, maka dirasa tidak ada lagi waktunya bagi saya untuk mengunjungi Mentawai.

Disamping itu Nasrul Abit juga menyatakan dalam pertemuan terakhir dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Asdep, anggaran Rp716 miliar untuk Mentawai ini baru sebagian, masih banyak lagi peluang-peluang lain untuk daerah ini.

"Jadi apa artinya, walaupun sudah ada keputusan presiden kalau tidak jemput bola, dan tidak dilakukan lobi, juga tidak berarti apa-apa, karena orang sekarang rebutan, negeri ini juga awalnya dalam kondisi sulit. Nah, jadi dengan berbagai alasan, maksud saya kita harus gigih perjuangan terus," tegas Wagub.

Jalan trans Mentawai adalah jalan poros yang membelah empat pulau utama di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang akan menjadi jalan nasional. Sehingga untuk beberapa tahun ke depan, seluruh gugus pulau di Mentawai sudah terkoneksi.

Pembangunan jalan trans Mentawai sudah dimulai sejak 2013, dengan total panjang sekitar 405,2 Km, dan pengerjaan trans Mentawai ditargetkan selesai di tahun ini, dan ruas jalan trans ini tersebar di empat pulau besar di Mentawai, yakni Siberut, Sipora, Pagai Utar

Komentar