Hendri: Diharapkan Out put Workshop Bisa Diaplikasikan Perangkat Desa

Metro-70 hit 08-02-2021 20:52
Wakil Ketua KI Sumbar, Adrian Tuswandi saat berkunjung ke Dinas Kominfo Kota Pariaman, Senin (8/2). (Dok : Istimewa)
Wakil Ketua KI Sumbar, Adrian Tuswandi saat berkunjung ke Dinas Kominfo Kota Pariaman, Senin (8/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama sekaligus Kadis Kominfo Pemko Pariaman, Hendri siap mendukung kegiatan workshop Keterbukaan Informasi Publik (KIP) untuk pemerintahan desa yang ada di kota itu.

Dukungan ini disampaikan Hendri saat menerima kedatangan Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar dan juga panitia penyelenggara kegiatan workshop KIP, Ade Suharmansyah dan Mona Sisca di ruang kerjanya, di Pariaman, Senin (8/2).

"Semangat workshop dan out put-nya membuat kami selaku PPID Utama mendukung kegiatan workshop KIP yang digagas Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) dengan rekomendasi PMD dan Komisi Informasi (KI) Sumbar," ujar Hendri.

Menurut dia, pengelolaan informasi publik pemerintahan desa di masa pandemi ini mesti berbasis online atau website.

"Materi workshop yang dilaksanakan dua hari dan narasumber yang mumpuni tentu bisa membuat PPID Desa di Pariaman mengaplikasikan keterbukaan informasi publik secara nyata," ujar PPID Utama yang di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 berhasil jadikan Pemko Pariaman sebagai badan publik informatif.

"Informatif pada 2020 penilaian KI Sumbar merupakan kerja keras dan bersama jajaran PPID Utama dan PPID Pembantu di Pemko Pariaman. Tidak kalah pentingnya political will dari Wali Kota (Wako) Genius Umar," ujar Hendri didampingi Kabid IKP Diskominfo Pariaman, Eka Putra.

Wakil Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi mengapresiasi Pemko Pariaman menjadi informatif.

"Semula tidak diperhitungkan, tapi sadar akan pentingnya keterbukaan informasi publik, Pak Hendri mampu meraih great tertinggi penilaian keterbukaan informasi yaitu informatif," ujar Adrian.

Sedangkan Mona Sisca berharap Pemko Pariaman dapat sebanyak-banyaknya mengutus Kepala Desa atau operator desanya ikut workshop KIP berbasiskan digital.

"Semoga Pak Hendri bisa menyampaikan harapan kami ke Wako Genius Umar," ujar Mona.

Ade menambahkan workshop angkatan I yang sarat skill ini akan dilaksanakan pada 5-7 Maret 2021.

"Selain materi juga ada aplikasi dan sertifikat bagi peserta dinilai narasumber mampu mengelola informasi publik," ujar Ade.

Komentar