Erick Ganti Direksi Pelindo I Hingga IV

Metro-290 hit 16-03-2021 09:00
Menteri BUMN Erick Tohir. (Dok : Istimewa)
Menteri BUMN Erick Tohir. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perubahan terhadap jajaran Direksi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I hingga Pelindo IV, di Jakarta, Senin kemarin (15/3).

Dikutip dari CNBC Jakarta, menyebutkan untuk Pelindo I, Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Dani Rusli Utama dari jabatannya selaku direktur utama (dirut). Dani digantikan oleh Prasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I. Posisi yang ditinggalkan Prasetyo diisi oleh Joko Noerhudha.

"Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), Pelindo I bertekad untuk terus mewujudkan visi untuk menjadi gerbang utama Indonesia ke jaringan logistik global," demikian pernyataan Pelindo I dalam akun Instagram resminya.

Dirut baru Pelindo I ini merupakan alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan pernah mengisi sejumlah jabatan antara lain General Manager Pelabuhan Benoa (2013), Direktur Utama PT Pelindo Properti Indonesia (2014), dan Kepala Biro Strategis dan Kinerja Korporat (2017-2020) PT Pelabuhan Indonesia I (Persero).

Sementara Joko pernah menduduki sejumlah jabatan antara lain Direktur Utama PT Terminal Petikemas Surabaya dan Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

Berikut susunan terbaru Direksi Pelindo I:

Direktur Utama : Prasetyo

Direktur Teknik : Hosadi Apriza Putra

Direktur Operasi dan Komersial : Ridwan Sani Siregar

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum: Henry Naldi

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : Joko Noerhoedha

Direktur Keuangan : Roy Leonard.

Untuk Pelindo II, perubahan terjadi pada posisi Direktur keuangan. Yon Irawan digantikan oleh Mega Satria. Mega merupakan mantan Direktur Keuangan PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

"Segenap Komisaris, Direksi, dan Pegawai PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) mengucapkan Terima kasih yang tak terhingga atas kepemimpinan, dedikasi dan pembelajaran yang telah diberikan oleh Bapak Yon Irawan selaku Direktur Keuangan IPC Periode 2020-2021," tulis Instagram resmi Pelindo II @indonesiaportcorp, Selasa (16/3).

"Dan kami mengucapkan Selamat dan Sukses atas bergabungnya Bapak Mega Satria Direktur Keuangan IPC yang baru. Semoga dapat terus melanjutkan transformasi IPC menuju Ekosistem Pelabuhan Kelas Dunia dan memberikan karya terbaiknya untuk bangsa dan negara."

Berikut susunan terbaru Direksi Pelindo II:

Direktur Utama : Arif Suhartono

Direktur Teknik : Zuhri Iryansyah

Direktur Operasi: Muarip

Direktur Komersial: Rima Novianti

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum : Ihsanuddin Usman

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : Ogi Rulino

Direktur Keuangan : Mega Satria.

Sedangkan untuk Pelindo III, Erick menunjuk Boy Robyanto sebagai dirut menggantikan U. Saefudin Noor. Boy sebelumnya merupakan direktur teknik di perusahaan yang sama.

Posisi Boy lantas diisi oleh Kokok Susanto yang sebelumnya adalah direktur transformasi dan pengembangan bisnis Pelindo III. Kemudian tempat Kokok diisi oleh Yon yang sebelumnya merupakan direktur keuangan Pelindo II.

"Selamat dan sukses atas formasi baru Jajaran Direksi @pelindo3. Pegang teguh prinsip AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif). Terus lanjutkan semangat dan dedikasi untuk Indonesia guna mewujudkan visi Pelindo 3 sebagai Smart Operator Pelabuhan Berskala Dunia," tulis IG resmi Pelindo III @pelindo3 seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (16/3/2021).

Berikut adalah susunan terbaru Direksi Pelindo III:

Direktur Utama : Bob Robyanto

Direktur Teknik : Kokok Susanto

Direktur Operasi dan Komersial : Putut Sri Muljanto

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) : Edi Priyanto

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : Yon Irawan

Direktur Keuangan : Endot Endrardono

Untuk Pelindo IV, Erick mengangkat Ady Sutrisno sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Ady, sebelumnya merupakan GM PT Pelindo IV Cabang Terminal Petikemas Makassar, menggantikan M. Asyhari yang wafat per 10 Januari 2021.

Berikut susunan terbaru Direksi Pelindo IV

Direktur Utama : Prasetyadi

Direktur Teknik : Prakosa Hadi Takariyanto

Direktur Operasi dan Komersial : M. Adji

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) : Ady Sutrisno

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : I M. Herdianta

Direktur Keuangan : Choirul Anwar. (*)

Komentar