Dewi, Hasilkan Kreasi Batik Bermotif Virus Corona

Metro-179 hit 06-04-2021 22:33
Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari menyempatkan diri menjadi model untuk busana Batik bermotif virus corona hasil kreasi Dewi Busana Lunang. (Dok : Istimewa)
Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari menyempatkan diri menjadi model untuk busana Batik bermotif virus corona hasil kreasi Dewi Busana Lunang. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kreativitas pengrajin Batik yang ada di daerah Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan membuat kain Batik bermotifkan virus corona menarik perhatian Tanti Endang Lestari, yang merupakan salah seorang dari lima komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Langkah kreatif yang dilakukan pengrajin Batik asal Lunang, bernama Dewi itu diapresiasi Tanti.

Pasalnya, hampir sebagian besar pengrajin Batik di berbagai tempat di Indonesia, tidak terkecuali di Lunang menghadapi kesulitan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kebanyakan para pengrajin Batik merupakan pelaku UMKM. Di masa pandemi ini, menjadikan usaha yang mereka jalani mengalami kendala, baik itu soal modal, pemasaran produknya hingga hal lainnya termasuk berimplikasi pada pengurangan karyawannya," sebut Tanti.

Tapii dengan melihat upaya kreatif yang dilakukan Dewi, selalu pelaku UMKM di bidang produksi Batik, sebut Tanti, membuat dirinya kagum, karena pengrajin Batik asal Lunang itu justru bisa melahirkan kreasi baru tentang motif Batik.

"Ini ide cemerlang, Buk Dewi ini justru bisa membuat kreasi baru soal Batik. Motifnya virus corona yang dipadu warna dasar kain Batik berwarna Biru dan warna lainnya.

Nyatanya masa pandemi ini memberi inspirasi bagi Buk Dewi untuk tetap bisa berkreasi melalui usahanya," kagum Tanti.

Tidak sampai di situ, Tanti juga menawarkan dirinya sebagai model untuk pemotretan busana Batik bermotif virus corona buatan Dewi ini dengan berbagai gaya.

"Saya pribadi mensupport usaha UMKM yang dilakukan masyarakat seperti yang Batik yang dibuat Buk Dewi pemilik Dewi Busana Lunang itu," ucapnya.

Sementara Dewi, pemilik Geria Dewi Busana Lunang itu menyebut masa pandemi ini membuat dirinya harus terus bertahap untuk menjalankan usahanya.

"Awalnya saya membuat busana Batik dengan motif Mandeh Rubiah. Nah di masa pandemi ini saya kembangkan motif baru yang bercorak seperti virus corona" jelas Dewi.

Komentar