Wawako Pariaman Minta Masyarakat Cerdas Saring Berbagai Informasi

Metro-170 hit 20-05-2021 22:54
Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin didamping Kadis Kominfo, Hendri saat ikuti zoom meeting peluncuran program literasi digital di ruang rapat wakil wali kota, Kamis (20/5). (Dok : Istimewa)
Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin didamping Kadis Kominfo, Hendri saat ikuti zoom meeting peluncuran program literasi digital di ruang rapat wakil wali kota, Kamis (20/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan program literasi digital yang dilangsungkan secara daring (virtual) Kamis (20/5).

Dalam peluncuran digelar Kementerian Kominfo bertemakan "Indonesia Makin Cakap Digital 2021", itu juga disaksikan sejumlah kepala daerah dan pejabat pemerintah lainnya dengan cara zoom meeting, tidak terkecuali Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

Pada peluncuran itu, Presiden Jokowi menyampaikan pemirintah terus meningkatkan literasi digital.

Baca Juga

"Untuk menyiapkan masyarakat terutama kalangan generasi muda agar menggunakan internet dengan baik, aman, bertanggung jawab, bebas dari misinformasi dan disinformasi serta memerangi berita hoaks atau bohong," kata Jokowi.

Jokowi juga menuturkan literasi digital adalah kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital yang bisa diterapkan dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

"Literasi digital yang baik akan mendorong pemanfaatan teknologi digital kearah yang positif. Meningkatnya produktivitas, pembelajran jarak jauh, mendorong kegiatan sosial, penggalangan donasi untuk kemanusian, meningkatkan gerakan kepedulian, solidaritas dan gotong royong", kata Presiden Jokowi.

Sementara, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyampaikan gerakkan literasi digital itu perlu didukung untuk membuat masyarakat lebih melek digital.

"Makin banyak orang yang cakap digital, maka dia bisa beradaptasi dengan ekonomi yang semakin digital pula, Tadinya cuma mengandalkan cara konvensional, sekarang sudah bisa mengikuti persaingan," ujarnya didampingi Kadis Kominfo Kota Pariaman Hendri di ruang rapat wakil wali kota.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat harus juga bijak memanfaatkan digital dengan baik.

"Agar masyarakat tidak mudah menerima berita tidak benar atau hoaks begitu saja, tanpa menyaring informasi-informasi secara cerdas dari media sosial," tukas Mardison. (*)

Komentar