Lisda: Kepala BNPB Baru Diminta Tingkatkan Sinergitas Antar Instansi

Metro-238 hit 25-05-2021 20:09
Anggota Komisi VIII DPR RI, Lisda Hendrajoni mendampingi Doni Monardo  saat menjabat Kepala BNPB ketika mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan beberapa waktu lalu. (Dok : Istimewa)
Anggota Komisi VIII DPR RI, Lisda Hendrajoni mendampingi Doni Monardo saat menjabat Kepala BNPB ketika mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan beberapa waktu lalu. (Dok : Istimewa)

Penulis: Snm

Painan, Arunala - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, digantikan oleh Letjen TNI Ganip Warsito.

Pergantian jabatan yang dilakukan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (24/5), karena Doni Monardo pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni mendatang.

Adanya pergantian jabatan Kepala BNPD ini disikapi anggota Komisi VIII DPR RI asal Dapil Sumbar 1, Lisda Hendrajoni. Dimata Lisda, sosok Doni Monardo bersama BNPB telah bekerja dengan baik selama dua tahun ini.

Baca Juga

"Khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19, berbagai upaya telah dilakukan Doni Monardo bersama Satgas dengan baik, untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran virus yang belum ada obatnya ini," kata Lisda saat dihubungi Arunala.com , Selasa siang (25/5).

Meski begitu, Lisda mengakui masih ada beberapa kekurangan, terutama terkait teknis di lapangan. Untuk itu, sebut Lisda, kepada Kepala BNPB yang baru Letjen TNI Ganip Warsito, dirinya mengharapkan kekurangan yang ada sebelumnya bisa dieliminir.

Mengenai unsur TNI dalam posisi Kepala BNPB, menurut Lisda hal itu bukan sesuatu yang perlu dibahas, karena yang penting itu adalah kinerja Kepala BNPB yang baru untuk ke depannya, bukan dari mana beliau berasal.

Lisda menerangkan, ada beberapa tantangan untuk Kepala BNPB yang baru ini, diantaranya soal pelaksanaan teknis penanganan di lapangan, koordinasi antar lembaga dan/atau badan terkait baik itu kementerian, aparat penegak hukum, juga kepala daerah.

"Artinya dibutuhkan sinergitas antar lembaga dan/atau badan terkait, dan itu sangat penting. Inilah upaya kita bersama yang Inn Syaa Allah dapat bermanfaat untuk masyarakat," ujar Lisda.

Dirinya yakin, sebagai perwira tinggi TNI AD, Letjen TNI Ganip Warsito tentunya mempunyai segudang pengalaman di bidang Infanteri. Dan dia melihat Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan.

"Semoga dibawah pimpinan Letjen TNI Ganip Warsito akan lebih memperkuat peran BNPB dalam menanggulangi bencana," kata Lisda Hendrajoni mengakhiri.

Komentar