Genius Resmikan Rajang Dusun Kampuang Sato

Metro-47 hit 27-05-2021 08:14
Wako Genius Umar bersama istri meresmikan Rajang (jembatan gantung) Dusun Kampuang Sato, Rabu malam (26/5). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar bersama istri meresmikan Rajang (jembatan gantung) Dusun Kampuang Sato, Rabu malam (26/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Rajang (jembatan gantung, red) yang ada di Dusun Kampuang Sato, Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah, diresmikan pemakaianya oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Rabu malam (26/5).

Informasi yang didapat jembatan gantung yang ada di dusun itu sudah berusia 46 tahun, dan jembatan ini digunakan masyarakat setempat sebagai sarana penghubung menuju Dusun Kampuang Sato tersebut.

"Dibuat sejak 46 tahun lalu sampai saat ini belum sempat diresmikan. Alhamdulillah, malam ini dilakukan peresmian Rajang yang ada di Desa Pauh Timur ini, yang berkonsep pariwisata dan bentuknya khas dan punya cerita unik," kata Genius Umar.

Baca Juga

Dia menambahkan dengan inovasi dari kepala desa dan didukung penuh oleh seluruh komponen desa, baik urang tuo, kapalo mudo, bundo kanduang dan remaja, Rajang ini diperbaiki dengan menggunakan dana desa berkonsep pariwisata.

"Karena cukup tua, Rajang ini diperbaiki dengan dana desa Pauh Timur sebesar Rp78 juta lebih, dan jembatan ini dilengkapi dengan lampu warna-warni dan dicat ulang. Rajang ini sangat cocok untuk tempat selfie, dan berfoto bersama," terangnya lagi.

Genius yang juga berasal dari Dusun Kampuang Sato ini menuturkan sesuai konsep desa wisata, selain Rajang, kedepan akan banyak lagi inovasi dari Desa Pauh Timur dalam menunjang sebagai desa wisata yang diperhitungkan di Kota Pariaman.

Setelah peresmian Rajang di Dusun Kampuang Sato, Genius Umar didampingi istri menikmati kesenian Katumbak yang merupakan kesenian tradisi khas Pariaman, dia juga ikut bagian menjadi pemegang gendangnya.

Komentar