20 Pedagang di Talao Pauh Dapat Bantuan Kios

Ekonomi-53 hit 26-09-2020 18:55
Salah seorang pedagang menerima bantuan kios yang diserahkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Jumat  (26/9). (Dok : Istimewa)
Salah seorang pedagang menerima bantuan kios yang diserahkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Jumat (26/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sebanyak 20 unit kios untuk pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Talao Pauh Pariaman, diserahkan Pemko Pariaman kepada para pedagang itu, Jumat (26/9).

Kios yang merupakan bantuan dari Dinas Perindag dan UKM Kota Pariaman tersebut secara simbolis diserahkan langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar didampingi Ketua TP-PKK, Ny Lucyanel Genius, Kadis Perindagkop UKM, Gusniyetti Zaunit, Kadis Parbud, Dwi Marhen Yono, Kadis Kominfo, Hendri dan Kadis Satpol PP dan Damkar, Elfis Candra, Camat Pariaman Tengah, Ferri Ferdian Bgd Putra, dan Kepala Desa Pauh Barat.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, total kios bagi PKL sebanyak 20 unit, untuk tahap awal sebanyak 10 unit dulu, sisanya sedang dalam proses pengerjaan.

"Meski para pedagang dibantu melalui kios-kios ini, saya minta agar pedagang ramah dalam melayani pengunjung dan pembeli. Sesama pedagang juga jangan saling sikut, tetap akur ditempat usaha ini dan karena kita semua bersaudara," kata Genius.

"Ciptakan bisnis kebahagiaan, yang jualan bahagia karena hasil dagangannya laris terjual dan wisatawan pun puas meskipun harus mengeluarkan uang yang banyak semua terbayarkan karena pelayanan dan keramah tamahan kita ke mereka," lanjut wali kota ini.

Selain itu, dia juga menginginkan jenis dagangan yang dijual pedagang usahkan tidak sama atau tiap kiosnya menawarkan menu yang berbeda.

Tapi yang jelas, ungkap Genius, kuliner khas Pariamannya jangan hilang. Diharapkan Dinas Perindagkop dan UKM untuk melakukan pelatihan memasak bagi PKL tersebut.

"Kita berdoa bersama, semoga dengan adanya Talao Pauh yang merupakan ikon wisata baru Kota Pariaman ini bisa menambah ekonomi masyarakat sekitar serta meningkatkan jumlah kunjungan wisata kesini," jelas Genius.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan, bantuan kios sebanyak 20 unit ini dianggarkan melalui APBD di dinasnya.

"Nominal kios ini di taksir sekitar Rp12 juta per unitnya,"ujar Gusniyetti.

Komentar