Kemenkes RI Konkretkan Program Nusantara Sehat di Solsel

Metro-313 hit 02-06-2021 17:22
Tim Pendamping Kemenkes RI berdiskusi dengan Wabup Solsel Yulian Efi menyangkut program Nusantara Sehat di Solsel, Rabu (2/6). (Dok : Istimewa)
Tim Pendamping Kemenkes RI berdiskusi dengan Wabup Solsel Yulian Efi menyangkut program Nusantara Sehat di Solsel, Rabu (2/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang Aro, Arunala -- Beberapa orang tim pendamping di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengunjungi Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Rabu siang (2/6).

Kehadiran tim yang disambut Wakil Bupati Solsel, Yulian Efi bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solsel, Novirman, Kabag Humas Setkab Solsel Firdaus Firman, serta Kepala Puskesmas Lubuk Ulang Aling, Wetra Fauza, bertujuan untuk mengkonkretkan pelaksanaan program Nusantara Sehat di kabupaten tersebut.

Tim pendamping Kemenkes RI yang dipimpin, Nanang Widyaswara menyebutkan kehadiran mereka di Solsel untuk merealisasikan pelaksanaan program Nusantara Sehat di kabupaten itu.

Menurut Nanang, program Nusantara Sehat merupakan program prioritas yang bertujuan untuk memudahkan dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Program ini telah berjalan sejak 2015 ini ditujukan kepada daerah-daerah sulit dan perbatasan. Para peserta menurutnya juga telah dibekali secara intensif di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBP) Ciloto serta RSCM FKUI, Jakarta," sebut Nanang dalam pertemuan itu.

Tidak hanya itu, lanjut Nanang, selain berikan pembekalan keahlian medis dan non-medis, pihaknya juga beri pembekalan materi bela negara, pelatihan semi militer,serta pemahaman terhadap budaya lokal, agar siap ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia.

Sebelumnya Wabup Solsel, Yulian Efi mengapresiasi program Nusantara Sehat dari Kemenkes RI untuk daerahnya.

"Program Nusantara Sehat yang ada di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) sangat membantu bagi daerah kami dalam usaha-usaha peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Yulian Efi.

Adanya program pusat ini diapresiasi Yulian Efi, bahkan dia menyebut Pemkab Solsel mendukung penuh program Nusantara Sehat agar terus berlanjut di Solsel.

"Program kesehatan ini bertujuan meratakan akses dan pelayanan kesehatan di daerah jauh dan sulit diakses, seiring dengan penempatan tenaga kesehatan di daerah tersebut. Sehingga kemudian, pelayanan kesehatan bisa diakses secara cepat oleh masyarakat daerah terpencil," kata Yulian Efi.

Komentar