Hendri Gantikan Genius sebagai Ketua Kwarcab

Metro-85 hit 08-06-2021 20:07
Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri saat menerima mandat sebagai ketua Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman dalam rapim diperluas, Selasa (8/6). (Dok : Istimewa)
Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri saat menerima mandat sebagai ketua Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman dalam rapim diperluas, Selasa (8/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 16 Pramuka di kota itu untuk periode 2021-2024.

Hendri menggantikan posisi Genius Umar telah menjabat sebagai ketua Kwarcab selama dua periode, mulai 2014-2019 dan periode 2019-2024.

Terpilihnya Hendri berdasarkan hasil rapat pimpinan (Rapim) Kwartir diperluas yang diadakan Selasa (8/6) di balairung rumah dinas wali kota.

Baca Juga

Pada rapim diperluas itu, diketahui Genius Umar yang juga Wali Kota Pariaman mengajukan pengunduran diri dari jabatan ketua Kwarcab.

Alasan Genius mengundurkan diri karena sudah dua periode menjabat ketua, kini dirinya akan fokus sebagai Kamabicab Kota Pariaman saja.

Berdasarkan kesepakatan seluruh unsur Kwarcab dan DKC kota itu pada rapim yang dipimpin Sekretaris Kwarcab Riky Falantino didampingi Syahrul dan Alfiandri Z itu, secara aklamasi menunjuk Hendri sebagai ketua Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman yang baru.

Hendri yang terpilih secara aklamasi jadi ketua Kwarcab yang baru, mengaku akan berupaya untuk memajukan Pramuka di Kota Pariaman.

"Segara kami akan membentuk susunan pengurus Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman yang baru, melanjutkan sisa periode sebelumnya yakni untuk periode 2021-2024," kata Hendri usia terpilih.

Dia menyebutkan gerakan Pramuka merupakan mitra pemerintah yang berperan membangun dan membina watak dan karakter generasi muda.

"Melalui gerakan Pramuka ini lah, dapat melahirkan generasi muda yang berwatak dan berkarakter, serta memiliki integritas dan moralitas yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945," ungkapnya.

Sekretaris Kwarcab 16 Kota Pariaman, Riky Falantino menjelaskan rapim ini dilakukan setelah menindaklanjuti surat ketua Kwarnas No: 0115-00-B tanggal 26 Maret 2020 (point 3), yang berbunyi Perangkapan jabatan antara ketua majelis pembimbing dan ketua Kwartir seharusnya selalu dihindari, karena akan menghilangkan fungsi salah satu jabatan tersebut.

"Dalam rangka hal tersebut, hari ini Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman mengadakan Rapim dan dilanjutkan dengan Muscablub untuk memilih ketua Kwarcab yang baru," tutur Riky Falantino.

Komentar