Pariaman Aktifkan kembali Fungsi Dubalang Desa

Metro-23 hit 13-01-2021 12:05
Pariaman Aktikan kembali Fungsi Dubalang Desa
Pariaman Aktikan kembali Fungsi Dubalang Desa

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sebanyak 275 orang personel Satlinmas atau Dubalang di Kota Pariaman mengikuti apel gabungan yang digelar Satpol PP dan Pemadam Kebakaran kota setempat di area parkir Pantai Kata, Rabu (13/1).

Sebagai pembina apel, Wali Kota Pariaman, Genius Umar didampingi Kasatpol PP, Elvis Chandra, Kadis DPMDes Kota Pariaman Afwandi, Kadis Parbud Kota Pariaman Dwi Marhen Yono, dan camat se-Kota Pariaman.

Dalam apel gabungan itu, Genius menyampaikan dubalang merupakan suatu lembaga tradisional dalam sistem sosial masyarakat Minangkabau, yang bertugas sebagai penegak dan penjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat di tingkat desa.

"Peran Dubalang sebagai paga desa harus berjalan baik sesuai dengan aturan yang ada. Untuk itu saya minta pada Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran untuk mengadakan apel gabungan, dengan dubalang," kata Genius.

Di tingkat desa, terang Genius, ada banyak lembaga kemasyaratan, diantaranya dubalang. Jika lembaga desa ini tidak efektif maka dia tidak akan ragu untuk menghilangkan lembaga ini karena tidak ada gunanya.

"Untuk itulah, hari ini saya kumpulkan seluruh dubalang yang ada di Kota Pariaman ini guna mengetahui keberadaannya, apakah memang ada di desa atau tidak," tegas Genius.

Selain itum Genius meminta Satpol PP, DPMDes, dan camat untuk mengadakan apel seperti ini sekali sebulan secara bergantian untuk memberikan pembinaan kepada para dubalang agar mereka mengetahui apa tugas dan tanggung jawab mereka di desa.

Komentar