Genius Sambut Langsung Kedatangan Wisatawan

Metro-32 hit 18-01-2021 10:43
Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyambut langsung kedatangan wisatawan yang sempat bermalam di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk, Senin pagi (18/1). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyambut langsung kedatangan wisatawan yang sempat bermalam di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk, Senin pagi (18/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sejumlah wisatawan yang sempat bermalam di tempat wisata Pulau Angso Duo, Pariaman, akibat cuaca buruk sehingga tidak memungkin mereka kembali ke Muara di Pantai Gandoriah, kini sudah bisa bernapas lega.

Soalnya pihak Pemko Pariaman yang mengerahkan Dinas Pehubungan, BPBD, Pol PP dan Damkar, Pol Air, Kodim 0308/Pariaman, Tagana dan Koperasi Wisata Bahari melakukan penjemputan wisatawan yang terjebat itu ke Pulau Angso Duo begitu cuaca reda.

Dibawah koordinir Wali Kota Genius Umar, langsung menyambut para wisatawan itu setibanya di Muaro Pantai Gandoriah, Senin pagi (18/1).

"Kami dapat kabar cuaca buruk terjadi pukul 16.00 WIB kemarin (Minggu, red). Akibatnya banyak wisatawan yang terkepung di Pulau Angso Duo, sehingga kami mengambil langkah untuk menyelamatkan para wisatawan tersebut dengan cara menginapkan mereka di pulau itu sampai cuaca membaik," ungkap Genius Umar.

Pulau Angso Duo sendiri, jelasnya, menjadi tempat wisata primadona di Pariaman yang ramai dikunjungi wisawatan ketika libur atau weekend. Namun karena cuaca saat Minggu itu tidak bersahabat, mereka tidak bisa kembali ke daratan di hari yang sama.

"Setelah berkordinasi dengan seluruh pihak terkait, baik Dinas Pehubungan, BPBD, Pol PP & Damkar, Pol Air, Kodim 0308 Pariaman, Tagana dan Koperasi Wisata Bahari.

"Demi keamanan dan keselamatan wisatawan itu dan setelah berkordinasi dengan pihak terkait, dilakukan upaya penyelamatan para wisatawan itu. Seluruh wisawatan kami inapkan di cottage dan musala yang ada di pulau itu, untuk makan malam mereka dan logistik lainnya sudah kami kondisikan di sana," tambah Genius.

"Alhamdullilah, pagi ini (Senin, red), seluruh wisatawan tersebut sudah kembali dengan selamat ke daratan, dan mereka juga dicek kesehatanya oleh Dinas Kesehatan dan ternyata seluruhnya dalam keadaan sehat," jelas wali kota ini.

Sedangkan salah satu wisatawan asal Payakumbuh, Eep mengatakan dirinya mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemko Pariaman yang telah memfasilitasi keperluan mereka selama menginap di Pulau Angso Duo malam itu.

"Awalnya kami merasa sedikit was-was karena tidak diperkenankan kembali kedaratan karena cuaca buruk, tapi kami juga menyadari semua kebijakan itu untuk keselamatan kami, dan nyatanya kami difasilitasi untuk menginap di cottage yang ada di Pulau Angso Duo itu, termasuk untuk makan malam pun juga disediakan," ujar Eep menjelaskan.

Dirinya yang datang bersama keluarga yang berjumlah sebanyak 10 orang, dan dua orang diantaranya masih balita ini.

"Kami juga tidak menyangka, sesampai didaratan kami juga disambut langsung Wali Kota Pariaman, dan keluarga juga dicek kesehatanya dan diberi obat. Pengalaman ini tidak membuat kami jera untuk berwisatawa ke Kota Pariaman," kata Eep.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyambut langsung kedatangan wisatawan yang sempat bermalam di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk, Senin pagi (18/1). (Dok : Istimewa) ==10:43

Komentar