Genius Bicarakan Sport Tourism pada Sesmenpora

Olahraga- 19-02-2021 21:23
Wali Kota Genius Umar bersama Sesmenpora, Gatot  S Dewa Broto seusia konsultasi di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat sore, (19/2). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar bersama Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto seusia konsultasi di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat sore, (19/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar menemui Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto untuk konsultasi terkait penyelenggaraan Sport Tourism yang ada di Kota Pariaman, di gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat sore, (19/2).

"Kota Pariaman mempunyai beberapa iven sport tourism yang telah diselenggarakan beberapa tahun belakangan ini, baik bertaraf lokal, domestic dan internasional, tetapi karena saat ini pendemi Covid-19, banyak event tersebut yang disesusikan, karena itu, kami berkonsultasi ke Kemenpora ini," ujar Genius dalam pertemuan itu.

Genius menyebut, Kota Pariaman adalah daerah tujuan wisata, dan didalam visinya pun berbunyiPariaman Kota Wisata, Perdagangan, Jasa yang religius dan berbudaya, karena itu, Pemerintah Kota Pariaman sangat serius mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga

"Untuk mendatangkan wisatawan salah satu melalu strategi Sport Tourism. Sport Tourism sendiri merupakan kegiatan yang mengkombinasikan olahraga sekaligus bertujuan mempromosikan pariwisata suatu daerah, dan hal ini sesuai dengan vvisi dan misi yang kita gaungkan," tukasnya.

Lebih lanjut, Genius mengatakan bahwa Kota Pariaman mempunyai beberapa event yang rutin dilaksanakan baik skala regional, nasional dan internasiona. Dimana event tersebut antara lain Volly Pantai, Pariaman Run 10K, Tenis Lapangan, Sepatu Roda, Skateboard dan terakhir kita juga membuat Pariaman International Triathlon, yang sukses mendatangkan pesertanya dari mancanegara.

"Untuk mendukung program tersebut, diperlukan sarana dan prasarana olahraga yang memadai dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Di Kota Pariaman sudah punyai beberapaSport Centre,namun kondisinya belum siap 100 persen siap untuk digunakan, dan masih ada beberapa sarana penunjang yang belum lengkap, sehingga kita belum bisa memberikan kenyamanan kepada peserta sport tourism yang datang ini," ungkapnya.

"Di masa pandemi saat ini, kemampuan keuangan daerah terbatas, karena itu kami mohon bantuan dan dukungan dari Kemenpora, untuk dapat melengkapi sarana dan prasarana olahraga yang ada di Kota Pariaman," tutupnya.

Sementara itu, Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto mengapresiasi upaya Walikota pariaman ini, dalam memajukan daerahnya, dengan menggeliatkan dan mengadakan event sport tourism.

"Potensi pariwisata Indonesia cukup besar dan bisa dikembangkan melalui kegiatan olahraga, oleh sebab itu, Kemenpora mendukung penuh pariwisata olahraga yang berkembang saat ini," tuturnya.

Gatot S Dewa Broto juga mengatakan bahwa dirinya akan mengusahakan dan mengatur jadwal pertemuan walikota pariaman dengan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga), Zainudin Amali, untuk membahas lebih jauh tentang hal ini," ujar Gatot mengakhiri.

Komentar