Puskesmas Kekurangan APD

Metro-122 hit 13-04-2020 22:46
Sekretaris IWO Sumbar Irwandi Teha didampingi pengurusnya serahkan APD kepada dokter yang ada di Puskesmas Andalas, Senin siang (13/4). (Foto : Istimewa)
Sekretaris IWO Sumbar Irwandi Teha didampingi pengurusnya serahkan APD kepada dokter yang ada di Puskesmas Andalas, Senin siang (13/4). (Foto : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Terbatasnya Alat Pelindung Diri (APD) yang dialami sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang berada dalam zona merah penanganan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Padang, mengundang perhatian kalangan wartawan yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar, dengan memberikan APD kepada beberapa Puskesmas.

"Kami dari IWO Sumbar sangat memahami kondisi ketersediaan APD, rumah sakit rujukan saja masih terus membutuhkan APD, apalagi di Puskesmas yang pasti minim APD," kata Ketua IWO Sumbar, Khadafi Azwar didampingi sejumlah pengurus IWO Sumbar lainnya, Senin (13/4).

Kepedulian IWO saat ini, sebut Khadafi memang dinilai tidak seberapa untuk ikut membantu kelangkaan APD tersebut di beberapa Puskesmas zona merah di Kota Padang.

Baca Juga

"Kami tahu APD adalah benteng para medis dalam menangani pasien Covid-19, dan kami tahu APD itu mahal dan langka, untuk itu IWO lewat kepeduliannya membagikan APD untuk beberapa Puskesmas yang diketahui minim APD," ujar Khadafi Azwar lagi.

Salah seorang dokter di Puskesmas Andalas, dr Pratiwi saat menerima APD dari Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar di Puskesmas Andalas, mengucapkan terima kasihnya pada IWO Sumbar.

Kebutuhan akan Alat Perlindungan Diri (APD) disaat wabah ini memang menjadi benteng terakhir bagi para medis dalam menangani pasien Covid-19," kata Pratiwi.

"Namun seiringnya banyak pasien dan juga banyak pihak yang membutuhkan menjadikan APD ini langka dan mahal," ujar Pratiwi lagi.

Sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang berada dalam zona merah penanganan wabah virus corona di Kota Padang, Puskesmas Andalas tetap melayani dan memantau pasien ODP Covid-19 di wilayah kerjanya.

"Kami para medis tetap optimistis untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah kerja kami. Kuncinya selama kami semua kompak dan bekerjasama serta mematuhi ajuran protokol kesehatan tentang pencegahan Covid-19," kata Pratiwi.

Komentar