DPD RI Road Show Politik ke Provinsi Banten

Metro- 10-09-2021 10:09
Wakil Ketua DPD RI, Mahyuddin bersama rombongan saat kunjungan ke Provinsi Banten, Kamis (9/9). (Dok : Istimewa)
Wakil Ketua DPD RI, Mahyuddin bersama rombongan saat kunjungan ke Provinsi Banten, Kamis (9/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Banten, Arunala -- Wakil Ketua DPD RI, Mahyuddin, bersama 10 orang anggota DPD RI yang lain lakukan kunjungan kerja mereka ke Provinsi Banten, Kamis (9/9).

Kunjungan yang dilakukan Wakil Ketua DPD itu dalam rangka road show politik menyambangi atau berkunjung serta berdialog dengan pimpinan daerah se Indonesia.

Dan kehadiran rombongan itu disambut langsung Wakil Gubernur Banten, Andhika Arzrumy bersama beberapa orang petinggi lainnya di provinsi itu.

Baca Juga

Senator asal pemilihan Sumatera Barat (Sumbar), Alirman Sori menilai kunjungan DPD RI itu sebagai langkah cerdas dan humanis sebagai kaloboratif hubungan DPD RI dengan pemerintah daerah.

"Sejatinya korelasi hubungan kerja DPD RI dengan pemerintah daerah harus sustainable. Hal inilah yang semestinya diperkuat kedepan sehingga akan dirasakan kehadiran DPD sebagai representatif daerah," kata Alirman Sori.


Menurut Alirman Sori, keberadaan DPD RI yang merupakan lembaga perwakilan daerah mesti menjadi bridging antara central government dengan local government.

Alirman Sori mengaku mendukung langkah wakil ketua DPD RI ini untuk melanjutkan road show politik kelembangaan DPD untuk bersinergis dengan pimpinan daerah baik gubernur, bupati dan wali kota dalam mengagregasi aspirasi daerah di tingkat nasional.

"Banyak aspirasi daerah yang mesti diperjuangankan secara kelembangaan, sehingga kerja nyata perwakilan daerah akan berkontribusi untuk kemajuan daerah di Indonesia," ujar Alirman Sori lagi.

Untuk mewujudkan Indonesia Maju dan Indonesia Tangguh, menurut Alirman Sori, pihak DPD RI berkewajiban dan bertanggungjawab melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan pusat sebagai pengejahwantahan tugas, dan fungsi DPD RI sebagai perwakilan daerah untuk menjadikan daerah maju dan Indonesia Tangguh.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andhika Arzrumy menyebutkan peranan DPD RI sangat diperlukan untuk menjembataninya pemerintahan daerahnya dengan pusat agar lebih intens lagi.

Andhika yang merupakan alumni anggota DPD RI periode 2009-2014, juga menyampaikan dukungannya untuk penataan kewenangan DPD RI dalam sistem ketatanegaraan, karena dia memahami, kewenangan yang dimiliki DPD RI dalam sistem dua kamar (bikameral) parlemen Indonesia belum ideal.

"Pada hal representatif keterpilihan anggota DPD sama dengan pemilihan gubernur berbasis provinsi," ujar Andhika.

Dia menyatakan dukungannya, jika amandemen kelima dilaksanakan, sudah seharusnya posisi DPD RI sebagai wakil daerah diperkuat dalam rangka penguatan otonomi daerah.

Selain wakil ketua Mahyuddin dan Alirman Sori, rombongan DPD RI yang juga turut serta dalam rombongan itu adalah Andira Aprilia Hikmat, Habib Ali Alwi, Sylviana Murni, Abdurahman Bahasyim, Ali Ridho, Hasan Basri, Andri Prayoga Singkaru dan Fernando Sinaga.

Pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan melahirkan ide-ide dan gagasan-gagasan yang kaloboratif dan inovatif, seperti perlunya dibangun hubungan kemitraan dalam memperjuangkan pembangunan daerah di tingkat nasional. (*)

Komentar