GIB Garda Terdepan Penyatu Anak Bangsa

Metro-112 hit 15-09-2021 06:16
Tiga orang penggerak organisasi GIB berkumpul dalam sebuah kesempatan di salah satu kafe di Jakarta belum lama ini. (Dok : Istimewa)
Tiga orang penggerak organisasi GIB berkumpul dalam sebuah kesempatan di salah satu kafe di Jakarta belum lama ini. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Berbagai organisasi yang ada di tingkat pusat, menilai kepemimpinan Organisasi Gerakan Indonesia Bermartabat (GIB), yang diketuai oleh Bastoni, Sulhan dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) GIB, dan Alirman Sori sebagai Ketua Harian, cukup mumpuni.

Pasalnya, tiga orang yang jadi lokomotif dari organisasi ini dinilai cukup andal dan sarat pengalaman di berbagai organisasi.

Alirman Sori kepada Arulana.com, Selasa malam (14/9) menyebutkan, organisasi GIB yang dia jalani itu merupakan organisasi bersifat mandiri, terbuka dan berorientasi pada pengembangan rasa tanggungjawab, wawasan kebangsaan, wawasan nasional.

Baca Juga

"Yang jelas organisasi kami ini tidak berafiliasi dengan partai politik (parpol), dan ketahanan nasional secara bersama terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Alirman Sori.

GIB ini, sebut Alirman Sori, didirikan pada Selasa (23/3) lalu di Jakarta. Kemudian dilakukan deklarasi dan pengukuhan kepengurusannya pada Kamis (26/8).

Setelah penetapan dilakukan, lanjutnya, GIB mengawali kegiatannya dengan melakukan aksi sosial pada Minggu (19/9) nanti.

"Aksi sosial yang kami buat itu berupa pembagian sembako kepada masyarakat miskin dan pesantren di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok, sebagai bentuk empati di masa pandemi Covid-19," ujar Alirman Sori.

Dia menambahkan, GIB berfungsi sebagai wadah kaderisasi dan pembinaan generasi muda guna mengembangkan kader-kader bangsa yang berkualitas, professional, berkeahlian, keterampilan, serta berbudi luhur dalam usaha menyiapkan pemimpin nasional, provinsi dan daerah yang mampu memimpin kesinambungan perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia.

Sebagai wadah perjuangan bangsa Indonesia, lanjut Alirman Sori, GIB memiliki kesamaan wawasan, pandangan dan komitmen kebangsaan yang dijiwai dengan semangat cinta tanah air dan bela negara yang bersifat komprehensif, holistik dan integral.

"Organisasi ini bertujuan mewujudkan Warga Negara Indonesia yang memiliki tekad dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam mempertahankan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"GIB juga menjadi garda terdepan untuk menyatukan segala potensi anak bangsa untuk membangun Indonesia dan menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, serta gangguan dari dalam maupun dari luar negeri yang membahayakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Alirman Sori.

Komentar