Ditjen Hubdat Adakan Webinar Internasional Safety Riding

Metro-225 hit 24-09-2021 15:33
Ilustrasi safety riding. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi safety riding. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan edukasi memahami tentang keselamatan berlalu lintas harus dimulai sejak dini.

Melalui webinar internasional yang bertajuk 'Indonesia Youth Road Safety Warriors', pihak Dirjen ini mengandeng Indonesia Road Safety Partnership (IRSP).

Direktur Sarana Transportasi Jalan, M Risal Wasal menyampaikan bahwa saat ini perlu dilakukan pendidikan mendalam maupun sistem bertransportasi yang mengutamakan keselamatan sekaligus mendorong hadirnya transportasi berkelanjutan.

Baca Juga

"Kita harus sepakat dulu bahwa keselamatan itu harus ada di hati, sudah bukan waktunya lagi untuk sebatas dipikirkan tapi justru nomor satu," kata Risal melalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/9) seperti dikutip dari GribOto.com.

"Safety adalah sesuatu yang harus kita laksanakan. Ini juga yang harus diperjuangkan oleh para pejuang-pejuang muda keselamatan untuk membantu Pemerintah mewujudkan road safety with sustainable transportation system. Harapannya angka kecelakaan dan tingkat fatalitas kecelakaan dapat kita turunkan," lanjutnya.

Dalam kerjanya, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus berusaha mewujudkan keselamatan menjadi sebuah hal yang berkelanjutan. Risal juga menyampaikan harapan dari Ditjen Hubdat selaku Pemerintah kepada para mahasiswa dan taruna selaku generasi muda.

"Kami mempunyai harapan besar bagi para pejuang muda ini agar dapat meningkatkan leadership of road dalam menyuarakan keselamatan bertransportasi.

"Selain itu juga dapat menjadi agent of change dengan pemanfaatan teknologi, serta berkomitmen dalam mewujudkan transportasi yang berkeselamatan dan berkelanjutan," jelasnya.

Sementara itu, Director Publication and Communication Indonesia Road Safety Partnership (IRSP), J.A.Barata menyampaikan hal yang sama

"Masalah keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan banyak yang berkaitan dengan perilaku manusia. Untuk meningkatkan keselamatan itu diperlukan peningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat," bebernya.

"Keselamatan biasanya hanya dianggap sebagai sebuah slogan, publikasi tentang keselamatan pun dirasakan masih terbatas. Kita harus mengajak masyarakat di sekeliling kita untuk berlalu lintas di jalan dan memiliki kesadaran maupun pengetahuan untuk berperilaku baik dalam berlalu lintas di jalan," ungkapnya.

Salah satu cara untuk menciptakan kesadaran berlalu lintas tersebut adalah dengan kampanye keselamatan jalan. Kampanye sering terlihat sebagai sesuatu yang mudah namun untuk mencapai hal tersebut, butuh sinergi dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk generasi muda untuk mengkampanyekannya.(*)

Komentar